Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak di Dalam Keluarga

Tuesday, December 6th, 2016 - Ibu & Anak, Pendidikan

Advertisement

Berbicara mengenai pendidikan memang sebuah hal yang sangat penting, terutama bagi seseorang yang ingin terus berkembang. Pendidikan sangat dibutuhkan dalam menjalani proses kehidupan yang terus berubah sesuai dengan tumbuh kembang anak untuk meraih kesuksesan di masa depan. Mengingat begitu pentingnya pendidikan ini, pemerintahpun telah mencanangkan program wajib belajar 9 tahun bagi anak – anak indonesia. Selain itu anggaran APBN untuk pendidikan ini juga cukup besar di bandingkan dengan anggaran untuk program yang lainya.

Memberikan pendidikan yang baik bagi anak adalah hal yang utama bagi orang tua. Dengan memiliki pendidikan yang baik anak tidak akan mengalami masalah yang serius dalam kehidupan bersosial dan akan mampu untuk menangani dan mengatasi permasalahan dalam pergaulan sehari hari dan tidak mudah terjebak di dalam hal – hal yang bersifat negatif atau dampak buruk dalam pergaulan.

Advertisement

Dalam pendidikan anak, orang tua mempunyai peran yang sangat penting. Pendidikan anak dalam keluarga yang baik akan memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan anak dalam kehidupan bersosial dan mudah bergaul dalam lingkungan yang baru serta akan membuat mereka nyaman dalam menghadapi setiap perubahan yang baru mereka alami.

Pendidikan anak sesuai usia

Kepekaan keluarga dalam pendidikan anak sangatlah penting agar perkembangan anak dapat terkontrol dengan baik. Orang tua akan mengetahui dengan cepat jika terjadi sesuatu yang akan memiliki dampat negatif terhadap anak. Kepekaan orangtua ini akan sangat membantu perkembangan proses belajar anak. Anak akan menjadi lebih bersemangat dan memiliki rasa tanggung jawab di dalam proses belajarnya.

Selain kepekaan keluarga dalam pendidikan anak. Peran aktif orang tua juga tidak kalah penting, terutama dalam pendidikan anak usia dini. Orang tua harus bisa memahami apa yang menjadi kebutuhan anak akan memudahkan orang tua untuk memahami potensi yang dimiliki oleh anak. Selain itu orang tua juga akan dapat mengetahui batas kemampuan sang anak sehingga ketika anak mengalami kesulitan dalam proses belajar orang tua akan dapat memberikan solusi yang tepat bagi sang anak.

Seperti kita ketahui bahwa lingkungan keluarga mempunyai perang yang sangat penting di dalam membangun pendidikan yang baik bagi anak. Pasalnya orang tua merupakan pendidik pertama dalam membentuk karakter utama sang anak. Oleh karenanya contoh yang baik dari orangtua merupakan suri tauladan bagi seorang anak sekaligus sebagai pembentuk karakter utama anak.

Mengingat pentingnya pendidikan anak dalam keluarga, maka sudah merupakan suatu kewajiban bagi orang tua untuk memperhatikan hal ini dengan baik. Dengan demikian karakter anak akan terbentuk dengan baik dan alami sesuai dengan pendidikan yang diberikan oleh orangtua.

Advertisement
Advertisement by Google

Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak di Dalam Keluarga | admin | 4.5