Penyebab dan Tips Cara Mengatasi Imsomnia

Monday, May 9th, 2016 - Kesehatan

Advertisement

Gangguan susah tidur atau biasa disebut insomnia, terkadang menyerang seorang pada waktu tertentu. Jika di malam hari anda telah mengantuk tetapi tidak kunjung dapat tidur, itu merupakan salah satu gejala penyakit insomnia. Gangguan ini akan sangat merugikan karena jatah waktu istirahat anda berkurang. Efeknya keesokan harinya saat menjalankan aktifitas seperti di sekolah atau tempat kerja, anda akan dilanda rasa kantuk. Prestasi belajar dan produktifitas kerja anda dapat dipastikan juga menurun. Insomnia menyebabkan sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Sehingga berpengaruh pada kerja otak kita.

Gangguan pada kinerja otak secara otomatis akan berdampak pada menurunnya kerja organ tubuh lain. Dalam jangka pendek mungkin tidak menjadi masalah untuk penderita insomnia, tapi untuk jangka panjang dapat berbahaya. Kebutuhan tidur setiap manusia berbeda-beda, beberapa yang menjadi pengaruhnya adalah usia, gaya hidup, lingkungan, kebiasaan, juga pola makan. Standarnya orang dewasa butuh tidur 6-8 jam per hari.

Advertisement

Tips Cara Mengatasi ImsomniaTips Cara Mengatasi Imsomnia

Tanda lain anda terserang insomnia yaitu diantaranya, susah tidur dalam waktu lama, sering terbangun di waktu malam, dan mudah lelah. Penyebab insomnia sendiri adalah, rasa cemas berlebihan, faktor kesehatan badan, faktor kesehatan psikologi, gaya hidup, kenyamanan kamar tidur, bisa juga karena dampak dari obat-obatan. Informasi mengenai cara mengatasi insomnia belakangan lebih sering dicari masyarakat. Mobilitas masyarakat yang semakin tinggi membuat mereka mudah terserang insomnia.

Tips Meringankan Insomnia

Penyebab dan cara mengatasi insomnia harus ditangani dengan cepat juga tepat. Penelitian menunjukkan dengan olah raga teratur dapat membantu meringankan masalah tidur seseorang. Olah raga baik dilakukan setiap pagi hari sebelum melakukan aktifitas. Dengan olah raga tubuh akan lebih bugar sehingga tubuh dapat menangkal stres. Kondisi kamar yang menjadi salah satu sebab timbulnya insomnia dapat disiasati dengan mendesain ulang kamar. Buat tempat tidur anda senyaman mungkin. Tubuh akan lebih cepat rileks dan lebih mudah tidur, sehingga anda dapat mendapat waktu tidur yang berkualitas.

Cara lain untuk mengurangi insomnia, anda bisa mencoba meditasi dan latihan pernafasan. Meditasi bermanfaat menjadikan pikiran kita lebih tenang, stres dan rasa cemas dapat dinetralisir. Lakukan kegiatan ini beberapa menit sebelum anda tidur malam. Saat melakukan meditasi, cobalah lupakan masalah apapun yang sedang anda alami, sugesti diri anda dengan gambaran yang lebih membahagiakan. Fokus dengan satu titik dalam otak, dan bayangkan tempat yang paling anda sukai dapat membuat anda tenang. Lama kelamaan anda akan tertidur tanpa anda sadari.

Tips lain yaitu

  • Hindari mengonsumsi kopi atau minuman lain yang mengandung kafein pada 2 hingga 3 jam sebelum tidur.
  • Hindari juga tidur kembali di pagi hari yang akan membuat badan akan terasa segar di malam hari.

Jika anda mengalami insomnia, usahakan jangan mengkonsumsi obat penenang ataupun obat tidur. Konsumsi obat seperti ini dapat menimbulkan rasa ketagihan dan ketergantungan pada penderita insomnia serta memiliki efek samping di kemudian hari.

 

Advertisement
  • imsomnia penyebabnya
Advertisement by Google

Penyebab dan Tips Cara Mengatasi Imsomnia | admin | 4.5
shares