Penyakit Hernia Pada Laki-Laki

Saturday, September 19th, 2015 - Kesehatan

Advertisement

Hernia adalah penyakit yang sering melanda kebanyakan kaum pria. Saat memiliki penyakit ini, keseharian kita akan terasa berat, kurang lancar melakukan aktivitas, dan sakit pada bagian tubuh sekitar pangkal paha. Penyebab penyakit hernia yang paling utama adalah melemahnya lapisan otot perut. Jika hal tersbeut terjadi, lemak atau otot “jatuh”, kemudian membentuk sebuah tonjolan yang umumnya terdapat pada daerah pangkal paha.

Selain melemahnya lapisan otot perut, kita harus waspada terhadap penyebab lainnya yang akan dibahas berikut ini :

Advertisement
  1. Terjadinya peningkatan tekanan (pressure) dalam perut,

  2. Terdapat titik lemah pada dinding perut,

  3. Mengejan terlalu berlebihan pada saat buang air besar,

  4. Terlalu sering atau salah posisi saat mengangkat beban berat,

  5. Kegemukan (kelebihan berat badan),

  6. Bersin atau batuk terlalu keras.

Daftar di atas adalah beberapa penyebab penyakit hernia yang berpotensi menyerang siapapun. Karena itu, kita harus bisa menghindari dan menyikapinya dengan hati hati. Selain kita harus mengetahui penyebabnya, kita pun harus faham dengan gejala yang ditimbulkan saat penyakit ini melanda, agar bisa dilakukan tindakan antisipasi sejak dini.

penyakit hernia

Penyakit Hernia pada laki-laki

Gejala hernia pada umumnya berupa kemunculan tonjolan di daerah selangkangan, sedang gejala khususnya adalah sebagai berikut :

  1. Terasa panas dan nyeri di area tonjolan,

  2. Terasa tidak nyaman saat mengangkat atau membungkuk,

  3. Pangkal paha terasa menyeret atau berat.

Jika gejala tersebut ada pada diri Anda, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk dicari solusi dan pengobatannya. Karena kalau terlambat, penyakit hernia hanya bisa diobati dengan jalan operasi dan melakukan pembedahan untuk memperkuat dinding perut, agar bagian tersebut bisa berfungsi dengan baik untuk menahan beban.

Semoga, dengan mengetahui penyebab penyakit hernia dan menghindarinya, kita bisa tercegah dari penyakit tersebut. Semoga bermanfaat

Advertisement
Advertisement by Google

Penyakit Hernia Pada Laki-Laki | admin | 4.5