X
    Categories: Traveling

Paket Liburan Murah ke Grojogan Sewu Rental Mobil Solo IxoTransport

Paket Wisata Eksklusif ke Mata Air Ponggok Klaten Rental Mobil Solo IxoTransport

Destinasi Wisata ke Mata Air dan Pemandian

Mata air adalah sebuah fenomena alam yakni munculnya air tanah yang mengalir dari akuifer menuju ke permukaan tanah. Kemunculan mata air ini seringkali tidak dapat diduga. Mata air dapat membantu pemenuhan kebutuhan air minum dan kebutuhan sehari-hari.

Advertisement

Lokasi tempat munculnya mata air biasanya menjadi tempat wisata karena bisa menarik pengunjung. Sukses tidaknya sebuah kawasan mata air menjadi tempat wisata tergantung pengelolanya.

Berikut ini adalah destinasi tiga tempat wisata mata air di Soloraya yang cukup dikenal masyarakat. Tempat wisata ini bisa dijangkau dengan mudah dengan menggunakan kendaraan roda empat. Jika Anda membutuhkan rental mobil Solo murah, IxoTransport adalah pilihan tepat.

Paket Wisata Murah ke Mata Air Ponggok, Cokrotulung, dan Jolotundo

  1. Mata Air Ponggok

Mata air Ponggok dapat ditemukan di Desa Wisata Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Mata air atau biasa disebut Umbul Ponggok ini adalah umbul terbesar dari antara lima umbul yang ada di Desa Wisata Ponggok. Luas Umbul Ponggok adalah kurang lebih 6.000 meter berkedalaman sekitar 1,5 meter di daerah pinggir dan 3 meter di bagian tengah kolam.

Fungsi Umbul Ponggok di zaman Kolonial Belanda adalah sebagai sumber irigasi ke kebun tebu. Saat ini, umbul digunakan untuk kegiatan wisata. Air umbul selalu diganti dengan yang baru sehingga selalu segar dan bersih. Air yang sudah tidak digunakan untuk kebutuhan wisata dialirkan ke persawahan warga.

Keunikan Umbul Ponggok adalah wisatawan bisa berfoto bersama benda-benda tak wajar di dasar umbul. Benda-benda tersebut di antaranya sepeda motor, sepeda, televisi, dan radio. Bahkan, ada jasa khusus untuk mempersiapkan motor kesayangan Anda terjun ke dalam umbul tanpa membuatnya rusak. Foto-foto unik inilah yang menghiasi media sosial sehingga membuat nama Umbul Ponggok dikenal masyarakat luas.

Jasa sewa mobil Solo murah IxoTransport menawarkan paket wisata alam ke Umbul Ponggok. Kunjungi ixotransport.com untuk mengetahui informasi selengkapnya.

  1. Mata Air Cokrotulung

Mata air Cokrotulung berada di kawasan Tulung, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Mata air ini terkenal dengan tradisinya yaitu Padusan. Tradisi ini teah ada sejak zaman Sunan Paku Buwono IX berkuasa. Saat Padusan berlangsung, masyarakat membersihkan diri dengan mandi keramas di Umbul Cokrotulung. Tradisi ini dilakukan menjelang Bulan Puasa dengan harapan agar jasmani rohani bersih dari segala sesuatu pembuat dosa.

Sekarang ini, telah ada wahana permainan air yaitu water boom, arung jeram, pancuran air, water sliding, dan kolam bermain untuk wisatawan. Wahana permainan ini tentu saja membuat wisata ke Umbul Cokrotulung semakin menyenangkan.

Kunjungi ixotransport.com untuk mendapatkan promo paket wisata sewa mobil Solo.

  1. Mata Air/Pemandian Jolotundo

Lokasi Mata Air Jolotundo adalah di Desa Jambeyan, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten. Keseluruhan kompleks pemandian luasnya kurang lebih 500 meter persegi.

Sama seperti Umbul Ponggok, Umbul Jolotundo juga sering digunakan untuk Padusan. Namun, untuk ritual Padusan, hanya sekitar 220 meter persegi yang digunakan/mempunyai kolam memadai untuk Padusan.

Pemandian Jolotundo mempunyai tiga kolam masing-masing sedalam dua meter, satu setengah meter, dan satu meter. Kedalaman yang bervariasi ini tentu saja membuat anak-anak juga bisa turut serta dalam acara Padusan dengan aman.

Jasa rental sewa mobil di Solo murah IxoTransport dapat mengantarkan Anda ke Pemandian Jolotundo dengan tarif terjangkau. Segera kunjungi ixotransport.com untuk informasi selengkapnya.

 IxoTransport, sahabat transportasi Anda menikmati Kota Solo, menawarkan Paket Wisata ke Mata Air Ponggok, Mata Air Cokrotulung, Mata Air Jolotundo. Pemesanan sewa mobil di Solo murah dapat menghubungi nomor WhatsApp 085778910777. 

Advertisement