Mengenal Medan Merdeka, Salah Satu Lapangan Terbesar di Dunia

Monday, February 20th, 2017 - Traveling

Advertisement

Menghabiskan waktu di akhir pekan dengan ke mall nampaknya sudah terlalu mainstream. Cobalah sekali-kali buat aktivitas outdoor seperti bakti sosial atau olahraga santai dengan teman-teman. Jika Anda adalah warga Jakarta atau sekitarnya, ataupun Anda adalah warga daerah lain yang kebetulan berkunjung ke Jakarta dan ingin mencari spot untuk hangout asyik bersama orang terkasih, cobalah mengunjungi Medan Merdeka. Tempat ini juga dikenal dengan istilah dengan Lapangan Merdeka, sebuah lapangan luas berukuran 100 hektar yang terletak di pusat Jakarta.

Jakarta Punya Medan Merdeka, Tempat Berdirinya Monas

Dalam artikel ini kami akan mengulas beberapa fakta dan informasi menarik terkait dengan Medan Merdeka yang belum diketahui banyak orang. Pastinya Anda bertanya-tanya apa yang menyebabkan lapangan satu ini berbeda dari lapangan yang lain bukan? Simak ulasan berikut.

Advertisement
  1. Berdiri pada Era Hindia Belanda

Lapangan Merdeka pada dasarnya adalah peninggalan zaman kolonial. Didirikan pada akhir abad ke-18, lapangan yang awalnya disebut Koningsplein alias Lapangan Raja ini pada mulanya digunakan sebagai tempat pesta rakyat untuk merayakan Hari Ulang Tahun Ratu Belanda setiap tahunnya.

  1. Memiliki banyak nama

Medan Merdeka adalah nama pilihan Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno dan mulai digunakan pada tahun 1945. Akan tetapi sebelumnya, lapangan ini memiliki nama yang berbeda. Misalnya Koningsplein, juga dikenal dengan istilah Lapangan Gambir, karena banyak pohon gambir di lokasi tersebut. Lapangan ini pada masa pendudukan Jepang juga dikenal dengan nama Lapangan Ikada yang merupakan akronim dari Ikatan Atletik Djakarta.Lapangan Medan Merdeka

  1. Monumen Nasional

Setelah Indonesia merdeka, muncul keinginan untuk mendirikan monumen yang bertujuan untuk memperingati dan merayakan perjuangan bangsa selama ini. Pada tahun 1961, mulailah pembangunan Monumen Nasional atau yang biasa disingkat dengan Monas yang berdiri tepat di tengah-tengah Medan Merdeka. Dilihat dari atas, akan ada tanda silang X yang menunjukkan pembagian lapangan merdeka menjadi 4 bagian dengan Monas ditengahnya.

  1. Taman-taman di Medan Merdeka

Ada empat taman hasil pembagian lapangan dengan penanda Monas di bagian tengahnya. Taman tersebut meliputi: taman merdeka utara yang identik dengan patung Pangeran Diponegoro dan Chairil Anwar, taman merdeka timur dengan ciri patung Ibu Kartini, taman merdeka selatan dengan ciri pohon langka yang menyimbolkan keunikan 33 provinsi Indonesia, dan taman merdeka barat dengan ciri air pancur menarinya.

  1. Dua Zona Utama

Ada dua zona utama di areal lapangan ini. Pertama adalah areal taman yang sudah disebutkan di atas, yang satu lagi adalah ruang agung. Ruang agung ini adalah zona lapangan rumput tanpa pohon besar dan tanpa batasan visual yang membuat siapa saja dapat dengan mudah dan leluasa memandang keagungan Monas.

  1. Berdekatan dengan banyak lokasi penting

Lapangan merdeka ini berdekatan dengan banyak lokasi penting yang terletak di Ibu Kota. Misalnya di bagian utara, terdapat Sekretariat Negara, Istana Merdeka, Mahkamah Agung, Kementerian Dalam Negeri, Markas Besar Angkatan Darat dan Masjid Istiqlal. Di bagian Timur, Anda dengan mudah akan menemukan Stasiun Gambir, Kantor Pusat Pertamina, Markas Besar Kostrad, Gereja Immanuel dan Galeri Nasional.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan terkait dengan Medan Merdeka. Jika Anda ingin berakhir pekan ke Jakarta atau berkeliling Jakarta namun masih kesulitan mencari alat transportasi yang nyaman untuk pergi bersama orang terkasih maupun rombongan keluarga, cobalah untuk mengecek penyewaan mobil di Docar rental mobil jakarta. Di website tersebut akan ada banyak pilihan mobil yang siap disewa untuk melengkapi kebutuhan Anda. Harga terjangkau dan pelayanannya juga istimewa, menjangkau 14 Kota Besar, salh satunya Malang, Madiun, Bandung. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Medan Merdeka artinya Lapangan Merdeka. Tak heran jika walau namanya “Medan” lokasinya justru di ibu kota Indonesia alias Jakarta. Tempat ini sangat fenomenal di Jakarta karena lokasinya yang strategis.

Advertisement
  • salah satu lapangan
  • taman lapangan terluas
Advertisement by Google

Mengenal Medan Merdeka, Salah Satu Lapangan Terbesar di Dunia | admin | 4.5