Mengapa Genset Sangat dibutuhkan dalam Proyek Pengeboran Minyak?

Minyak menjadi salah satu komoditi yang begitu besar perannya dalam kehidupan manusia. Saat minyak bumi langka, maka harga-harga barang akan melonjak tajam seiring harga minyak yang juga naik. Oleh karena itulah, industri pengeboran minyak selalu hidup agar bisa memenuhi kebutuhan minyak dunia.

Di balik gemerlapnya industri pengeboran minyak, melakukannya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena, kebanyakan sumber minyak berada di lautan lepas sehingga Anda harus rela berada di tengah lautan dengan menggunakan sumber listrik dari genset. Ya, untuk mendapatkan listrik di lautan lepas, maka digunakan genset untuk menghidupi rig tersebut. Lalu, mengapa genset sangat dibutuhkan dalam industri pengeboran minyak.

Sulitnya menemukan listrik di tengah laut

Bisakah Anda membayangkan saat berada di tengah laut bagaimana cara untuk mengalirkan listrik secar konvensional seperti di perkotaan? Tentu sulit dan memakan biaya banyak, untuk itu, biasanya industri pengeboran minyak menggunakan genset untuk mengaliri lingkugan rig dengan aliran listrik tersebut. Bahkan, karena penting, maintenance genset harus dilakukan secara berkala agar rig dapat berjalan secara normal dengan aliran listrik yang stabil.

Menjadi solusi praktis kebutuhan listrik

Lalu, mengapa genset dipilih sebagai sumber listrik di proyek pengeboran minyak? Salah satu alasannya karena kepraktisan yang didapat. Jika Anda mengalirkan listrik dari daratan ke tengah lautan, maka biaya yang diperlukan tentu akan besar dan prosesnya akan memakan waktu lama. Belum lagi potensi malfungsi yang bisa terjadi seiring berjalannya waktu sehingga pencarian sumber energi listrik alternatif jadi diperlukan. Sehingga, pencarian sumber energi listrik alternatif yang praktis jadi diperlukan dan genset jadi pilihan yang tepat karena bisa dipinjam melalui tempat penyewaan alternatif listrik.

Agar proses pengeboran dapat berjalan

Listrik tidak hanya menghidupi lingkungan rig, melainkan juga membuat proses pengeboran minyak dapat berjalan. Karena, untuk mengebor minyak diperlukan energi listrik agar alat-alat yang digunakan dapat bekerja. Oleh karena itu, tanpa aliran listrik dari genset, dapat dikatakan industri pengeboran minyak tidak dapat terlaksana dan kebutuhan minyak dunia akan terhambat.