Mencermati Pola Makan Sehat Bagi Para Pengidap Hipertensi

Wednesday, March 8th, 2017 - Lifestyle

Advertisement

Penyakit hipertensi kerap kali menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius karena tidak terdeteksi sejak awal. Demi mewaspadai penyakit hipertensi, kita wajib melakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur. Sehingga hipertensi benar-benar bisa ditanggulangi sedini mungkin.

Selain itu, kita juga harus menjalani pola makan sehat untuk menstabilkan tekanan darah. Beberapa tips berikut ini akan membuat pola makan untuk pengidap hipertensi jadi lebih praktis dan tidak menyiksa :

Advertisement

Membatasi Asupan Garam

Asupan garam memang menjadi salah satu penyebab utama penyakit hipertensi. Kalau ingin mengatasi hipertensi, kita juga bisa menjalani diet sehat. Karena diet yang yang satu ini mengutamakan pengurangan asupan garam yang sering berlebihan. Risiko hipertensi akibat kelebihan asupan garam pun dapat diminimalkan dengan menjalani diet sehat secara disiplin.

Mengurangi Konsumsi Makanan Dalam Kaleng

Makanan dalam kaleng memang tahan lama dan cita rasanya lezat. Tidak mengherankan bila kita sering mengandalkan makanan kaleng yang praktis dan terdiri dari beragam bahan makanan. Sayangnya, makanan kaleng juga mengandung garam dalam jumlah berlebihan. Sebab gara sangat diperlukan untuk mengawetkan bahan makanan.

Sebaiknya kita mengurangi konsumsi makanan dalam kaleng. Bila ingin mengonsumsi makanan dalam kaleng, pastikan bahwa kita tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Makanan Berlemak Juga Wajib Diminimalkan

Asupan lemak berlebihan yang berpadu dengan garam sangat berbahaya bagi kesehatan otak dan pembuluh darah. Bila dibiarkan berlarut-larut, hal ini bisa mengakibatkan pengerasan pembuluh darah, penyakit jantung, atau stroke. Oleh karena itu, sebaiknya kita meminimalkan konsumsi makanan berlemak. Aneka jenis sumber lemak hewani dan makanan yang digoreng bisa menjadi penyebab hipertensi kalau dikonsumsi secara berlebihan.Mencermati Pola Makan Sehat Bagi Para Pengidap Hipertensi

Bukan Berarti Kita Bebas Mengonsumsi Gula

Mengidap hipertensi bukan berarti membuat kita bebas mengonsumsi gula. Sebuah penelitian justru menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi gula secara berlebihan memiliki risiko diabetes lebih besar daripada mereka yang mengonsumsi gula dalam batas normal. Kita tentu tidak mau kan mengalami diabetes dan hipertensi di masa mendatang. Jadi, lebih baik kita cermat memilih makanan di masa kini agar tetap sehat dan bersemangat setiap saat.

Ingin tahu seputar informasi diet mayo yang baik bagi pengidap hipertensi?

Yuk klik dulu https://www.gorrygourmet.com/article/view/34/daftar-makanan-untuk-diet-mayo-real-mayo-clinic-diet.

GorryGourmet siap mendukung kesehatan kita dengan menyajikan aneka makanan sehat sesuai kebutuhan kita. Hidup sehat dan bebas risiko penyakit semakin menyenangkan sejak kita mengandalkan GorryGourmet.

Advertisement
Advertisement by Google

Mencermati Pola Makan Sehat Bagi Para Pengidap Hipertensi | admin | 4.5