Makanan untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Tuesday, August 30th, 2016 - Ibu & Anak

Advertisement

Saat seorang ibu memasuki kehamilan 3 bulan pertama atau yang lebih sering disebut dengan masa kehamilan trimester pertama sering merasa khawatir akan kondisi janin yang mereka kandung karena pada usia kehamilan ini kandungan cukup rentan dan lemah. Selain dari itu pada usia kehamilan 3 bulan pertama ini merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan janin, sehingga memerlukan asupan gizi dan nutrisi yang cukup tinggi. Oleh karena itu memilih makanan untuk ibu hamil trimester pertama yang tepat sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi dan nutrisi yang di perlukan janin serta tidak membahayakan janin yang dikandungnya.

Pada masa kehamilan trimester pertama ini seorang ibu harus benar – benar menjaga kandunganya, bukan hanya dari menghindari aktifitas dan kegiatan yang berat dan berlebihan namun juga harus teliti dan memperhatikan kebutuhan gizi dan nutrisi janin yang dikandungnya. Ada asumsi bahwa ibu hamil harus mengonsumsi 2x lebih banyak dari kebiasaan makan biasanya agar janin yang di kandung dapat tumbuh dengan sehat. Asumsi tersebut kurang tepat karena seharusnya yang di tingkatkan adalah nilai gizi dan nutrisi yang di konsumsi oleh sang ibu, bukan dari kuantitas atau banyaknya makanan yang di konsumsi. Mengonsumsi makanan lebih banyak tidak menjamin kandungan gizi dan nutrisinya lebih banyak.

Advertisement

Jika anda salah satu ibu yang sedang dalam masa kehamilan trimester pertama ini konsumsilah beberapa jenis makanan berikut agar gizi dan nutrisi yang di butuhkan oleh janin anda dapat tercukupi.

  • Sayuran

Sayuran merupakan jenis makanan yang banyak mengandung sumber mineral, beberapa unsur vitamin, zat besi, dan juga banyak mengandung serat yang tinggi. Kandungan zat besi pada sayuran banyak terdapat pada sayuran yang berwarna hijau, zat besi ini sangat penting dalam membentuk sel darah merah sehingga akan terhindar dari anemia.

sayuran yang baik untuk ibu hamil trimester pertama

Selain itu mengonsumsi sayuran juga dipercara dapat menguragi rasa mual dan dapat memperlancar pencernaan. Beberapa jenis sayur yang disarankan untuk ibi hamil trimester pertama diantaranya bayam, wortel, lobak, kangkung, daun singkong, brokoli, sawi, kacang panjang, seledri, kentang, daun katuk, dan labu siam.

  • Buah Buahan

Sama halnya seperti sayuran, buah buhan ini juga sangat bagus di konsumsi oleh ibu hamil trimester pertama karena banyak mengandung vitamin dan mineral. Buah yang disarankan untuk ibu hamil 3 bulan pertama ini diantaranya yaitu apel, jambu, stroberi, jeruk, alpukat, jambu, kurma, mangga, buah naga, tomat, melon, dan beberapa buah lainya. namun ibu hamil juga harus memperhatikan bahwa ada juga buah yang dilarang untuk di konsumsi oleh ibu hamil, terutama oleh ibu hamil muda seperti durian, delima, nanas, dan pepaya muda.

Buah Buahan untuk ibu hamil trimester pertama

  • Seafood

Beberapa jenis makanan seafood juga disarankan untuk di konsumsi oleh ibu hamil karena banyak mengandung protein dan omega 3 yang sangat penting bagi kecerdasan otak bayi yang di kandung. Jenis makanan seafood yang dianjurkan yaitu ikan kakap,salmon, tuna, lobster dan cumi-cumi.

  • Susu

Susu sangan disarankan karena minuman ini paling banyak mengandung nutrisi yang paling lengkap seperti protein, karbohidrat, dan berbagai aneka vitamin serta mineral. Pilihlah susu khusus untuk ibu hamil untuk mengurangi rasa mual dan muntah bagi anda yang kurang berselera mengonsumsi susu.

  • Air Putih dan Vitamin Tambahan

Dengan banyak mengonsumsi air putih akan memperlancar metabolisme dan pencernaan dalam tubuh serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh. namun bagi ibu hamil hindari mengansumsi minuman bersoda, es dan minuman yang mengandung kafein.

Mual dan muntah yang sering dialami oleh ibu hamil dapat menurunkan nafsu makan yang dapat berakibat mengurangi asupan nutrisi yang diperlukan janin yang di kandungnya. Oleh karena itu memilih makanan yang tepat untuk ibu hamil akan dapat mengurangi dan mengendalikan rasa mual dan muntah tersebut dan kebutuhan nutrisi kandungan akan terpenuhi dengan baik. Semoga bermanfaat.

Advertisement
Advertisement by Google

Makanan untuk Ibu Hamil Trimester Pertama | admin | 4.5
shares