Kelebihan Serta Kekurangan Sistem Operasi Linux

Wednesday, September 30th, 2015 - Pendidikan, Technology

Advertisement

Berbicara tentang sistem operasi Linux sama halnya dengan berbicara mengenai perangkat lunak berbasis open source, yakni kode sumber sistem operasi yang dapat digunakan, dimodifikasi serta didistribusikan secara bebas bagi siapa saja yang menggunakan. Dibandingkan dengan windows, pengguna sistem operasi Linux masih menjadi minoritas.

sistem operasi linux terbaru

sistem operasi linux terbaru

Untuk mengetahui penyebab minimnya penggunan sistem operasi Linux di kalangan masyarakat ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangannya.

Advertisement
Kelebihan Sitem Operasi Linux

Kelebihan Sitem Operasi Linux

Kelebihan sistem operasi Linux:

  1. Merupakan sistem operasi yang bersifat open source sehingga tidak membutuhkan biaya untuk menggunakannya.
  2. Dulu, sistem operasi Linux hanya digunakan oleh kalangan hacker karena masih berbasis DOS, namun saat ini linux sudah dapat digunakan dengan mudah sama halnya Windows bahkan jika dilihat dari desain Linux mampu melebihi desain dari Windows 7.
  3. Hampir semua aplikasi yang berjalan di OS Windows juga dapat dijalankan di OS sistem operasi Linux baik secara langsung maupun dengan menggunakan bantuan emulator seperti wine.
  4. Linux lebih aman terhadap ancaman virus bahkan hampir tidak pernah terkena virus. Sejak awal Linux di desain multi-user, sehingga jika virus menjangkiti user tertentu maka akan sangat sulit untuk menjangkiti atau menyebar ke user yang lain.
  5. Selain gratis dalam penggunaan, sistem operasi Linux juga gratis dalam hal modifikasi serta distribusi ulang bahkan dapat dikembangkan sendiri.
Perbandingan sistem operasi linux dengan Windows

Perbandingan sistem operasi linux dengan Windows

Kekurangan sistem operasi Linux:

  1. Karena OS Windows telah merajai pasar perangkat komputer sehingga membuat para user merasa takut untuk beralik ke OS Linux
  2. Kebanyakan vendor-vendor perangkat keras tertentu tidak terlalu baik saat dipasangkan dengan OS Linux sehingga hanya hardware tertentu saja yang bisa di gunakan.
  3. Proses penginstalan aplikasi di Linux tidak semudah di Windows. Pada Linux, kebanyakan aplikasi akan lebih mudah di instal jika perangkat komputer terkoneksi ke internet.
perbedaan Windows n Linux

Perbedaan Windows n Linux

Demikian kelebihan dan kekurangan sistem operasi Linux. Untuk mempelajari tentang sistem operasi ini, kini banyak forum-forum dan komunitas-komunitas pengembangnya yang sering membagikan ilmu serta informasi update tentang Linux, jadi tak usah khawatir jika ingin beralih ke OS yang satu ini.

Advertisement
Advertisement by Google

Kelebihan Serta Kekurangan Sistem Operasi Linux | admin | 4.5
shares