Jenis-Jenis Sabun Berdasarkan Bahan dan Fungsinya

Sabun adalah salah satu benda yang wajib digunakan dalam membersihkan diri. Mandi dan kegiatan bersih-bersih lainnya rasanya kurang lengkap tanpa sabun. Ada banyak jenis-jenis sabun yang ada, semuanya terbuat dari bahan dan memiliki fungsi yang berbeda pula. Bagi Anda yang belum tahu, ada baiknya Anda mengetahuinya terlebih dulu.

  1. Transparant Soap

Salah satu jenis sabun yang ada adalah transparant soap. Seperti namanya, sabun ini memang tembus pandang. Sabun ini memiliki kadar yang ringat sehingga mudah larut dan sukar mengering.

  1. Castile Soap

Berikutnya ada Castile Soap. Sabun ini adalah sabun yang memakai minyak zaitun sebagai formula utamanya. Sabun ini selain aman digunakan untuk membersihkan tubuh dan manfaatnya sangat baik, bisa juga dimakan. Kenapa bisa begitu? Sebab, sabun ini dibuat tanpa campuran bahan berbahaya dan lemak hewani.

  1. Deodorant Soap

Lalu ada Deodorant Soap. Sabun yang satu ini bersifat sangat aktif dalam menghilangkan aroma tak sedap pada bagian tubuh. Namun, karena sifatnya yang sangat keras, sabun ini tidak dianjurkan untuk digunakan pada bagian wajah. Sebab, bisa mengakibatkan iritasi parah.

  1. Acne Soap

Lalu ada Acne Soap. Sabun yang satu ini dibuat untuk membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Sayangnya, sabun ini bisa membuat kulit pemakainya kering. Bahkan, penggunaan dengan mencamprukan beberapa produk anti acne lain bisa menyebabkan kulit teriritasi sehingga kurang aman.

  1. Cosmetic Soap

Sabun yang satu ini biasanya dijual di gerai-gerai kecantikan. Harga dari sabun ini biasanya jauh lebih mahal ketimbang sabun jenis lainnya. Cosmetic Soap ini memfokuskan formulanya untuk memberikan hasil tertentu untuk wajah. Misalnya sebagai pemutih ataupun mengangkat minyak berlebih.

  1. Superfatted Soap

Sabun yang satu ini lain lagi. Ia memiliki kandungan minyak dan lemak yang banyak sehingga membuatnya lembut dan kenyal. Sabun ini cocok digunakan untuk Anda yang memiliki kulit kering. Sebab, formula dari sabun ini mengandung gliserin yang melindungi kulit dari kekeringan.

  1. Oatmeal Soap

Seperti namanya, sabun yang satu ini terbuat dari gandung. Sabun yang satu ini memiliki kandungan anti iritasi yang tinggi. Sabun ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang memiliki minyak berlebih pada wajah. Sebab, sabun ini efektif menyerap minyak berlebih dan menghaluskan kulit kering yang sensitif sekalipun.

  1. Natural Soap

Terakhir ada Natural Soap. Sabun ini diformulasikan dengan formula lengkap dengan berbagai kandungan terbaik seperti vitamin, ekstrak buah, minyak nabati dan lainnya. Produk sabun ini cocok untuk semua jenis kulit dan tidak membahayakan kulit Anda.

Ternyata ada banyak sekali jenis-jenis sabun itu. Mungkin Anda sudah pernah mencoba beberapa atau mungkin semuanya. Apapun jenis sabunnya, sebenarnya tujuannya sama saja, yakni membersihkan tubuh Anda dari berbagai kotoran. Anda bisa memilih salah satu jenisnya sesuai dengan kebutuhan. Tapi, perhatikan komposisinya dengan benar, ya!