Inilah Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Yang Harus Di Perhatikan

Friday, December 30th, 2016 - Ibu & Anak

Advertisement

Memaksimalkan perkembangan anak pada masa keemasan anak atau golden age merupakan salah satu hal yang sangat penting. Ya, dalam hal ini, anda perlu mengetahui bahwa anak pada dasarnya belum mengerti apapun sehingga seluruh informasi yang didapatkan dapat membentuk kepribadian mereka. Oleh karena itu, anda sebagai orang tua harus selektif dalam membimbing perkembangan anak anda. Ada beberapa aspek perkembangan anak usia dini yang harus anda perhatikan. Apa saja aspek penting tersebut? Simak beberapa penjelasan dibawah ini. Semoga membantu.

Aspek perkembangan kognitif

Advertisement

Aspek pertama dalam perkembangan anak usia dini yang harus senantiasa diperhatikan adalah aspek kognitif. Aspek ini berkembang secara bertahap sesuai dengan usia dari anak anda. Tentu saja, sebagai orang tua yang baik, anda harus memaksimalkan tahapan-tahapan perkembangan kognitif anak ini. Ada beberapa karakter dalam perkembangan kognitif yang harus diperhatikan, seperti gerak reflek seorang anak, perkembangan bahasa untuk berkomunikasi, kemampuan berpikir abstrak dan juga kemampuan seorang anak dalam menerima rangsangan yang diberikan lingkungan mereka. Beberapa karakter tersebut harus menjadi fokus seorang orang tua.

Aspek perkembangan fisik

Hal lain yang harus diperhatikan adalah aspek perkembangan fisik. Dalam hal ini, fisik yang dimaksud adalah perkembangan seluruh organ dalam tubuh berikut kemampuannya. Tentu, para ahli juga mengatakan bahwa salah satu aspek perkembangan anak usia dini ini juga berkembang dengan beberapa tahapan. Aspek perkembangan fisik dibagi menjadi dua, yakni motoric kasar dan motoric halus. Kedua pembagian ini sangat penting dan orang tua harus senantiasa merangsangnya sejak dini. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti memberikan mainan kepada anak, mengajak anak berlari dan lainnya.

Aspek perkembangan bahasa

Aspek perkembangan bahas merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam tahapan perkembangan anak usia dini. Aspek ini sangat penting karena akan berpengaruh pada kemampuan anak dalam melakukan komunikasi terhadap teman atau orang tua mereka. Kemampuan komunikasi seorang anak tentu harus senantiasa dikembangkan. Ajari anak mengatakan beberapa kosakata baru yang sebelumnya mereka tidak pernah mengerti. Anda juga dapat membacakan beberapa cerita untuk memperkaya kosakata anak dan memberikan contoh berkomunikasi.aspek perkembangan anak usia dini

Aspek perkembangan sosio-emosional

Aspek terakhir yang harus diperhatikan adalah aspek perkembangan sosio-emosioanl. Ini adalah aspek perkembangan anak usia dini yang juga penting karena menyangkut kemampuan seorang anak dalam memberikan respon terhadap hal yang terjadi dilingkungan mereka. Aspek perkembangan ini akan membuat seorang anak menjadi tahu bahwa mereka hidup di lingkungan yang luas yang tentu saja berpeluang untuk terjadi hal baru, seperti kerjasama, persaingan, empati, ketergantungan dan lainnya. Kemampuan anak untuk menghadapi berbagai situasi tersebut juga harus diperhatikan dengan baik oleh orang tua.

Advertisement
  • hal yg harus diperhatikan aud
Advertisement by Google

Inilah Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Yang Harus Di Perhatikan | admin | 4.5
shares