X
    Categories: Ibu & Anak

Hangatkan Komunikasi Keluarga dengan 6 Cara Ceria Ini

Komunikasi keluarga sangatlah penting untuk dibina. Mengapa? Pastinya karena keluarga adalah orang-orang terkasih yang terdekat dengan kita dan punya kepedulian yang besar kepada kita. Akan tetapi, kesibukan terkadang menciptakan jarak antar anggota keluarga. Komunikasi yang dingin ini bisa dihangatkan kembali dengan 6 cara ceria ini.

  1. Santai Sore

Sore hari merupakan waktu senggang bagi sebagian besar orang dan umumnya digunakan untuk bersantai sore. Anda juga bisa menerapkan kebiasaan ini agar setiap harinya bisa bertemu dengan anggota keluarga untuk berbincang sambil menikmati suasana sore yang syahdu. Minuman teh hangat bisa menemani santai sore Anda bersama keluarga.

Advertisement

Santai sore tersebut bisa dilakukan di teras rumah, halaman samping, halaman belakang rumah, ataupun pergi ke taman kota. Jika Anda punya taman indah di rumah atau halaman luas dengan kolam ikan beserta gazebo yang teduh, maka bersantai sore di istana keluarga adalah pilihan terbaik.

  1. Berbincang Bersama

Bincang bersama adalah agenda rutin yang bisa dilakukan kapan pun di waktu senggang. Umumnya, waktu senggang ada saat weekend, di mana setiap anggota keluarga pasti tidak disibukkan dengan kegiatan pendidikan atau pekerjaannya.

Kesempatan ini bisa digunakan untuk sharing atau diskusi bersama dalam perbincangan santai untuk menemukan solusi atas persoalan ataupun bertukar pendapat mengenai suatu hal. Kegiatan ini tentunya efektif karena bisa melatih otak agar berpikir kritis dan juga sebagai media pembelajaran bagi setiap anggota keluarga.

  1. Menonton Film Bersama

Menonton film bersama adalah kegiatan seru yang mampu menjaga kebersamaan dengan seluruh anggota keluarga. Anda dapat memilih film drama keluarga atau komedi untuk tontonan bersama agar cenderung netral. Keseruan bersama saat menonton film akan bertambah dengan minum teh hangat. Teh celup SariWangi beraroma sedap bisa jadi pilihan.

  1. Berlibur Bersama

Kegiatan liburan bersama keluarga merupakan agenda mengasyikkan untuk menghangatkan komunikasi dengan keluarga. Gunakan waktu libur misalnya saat weekend untuk liburan. Isilah dengan berkunjung ke tempat wisata keluarga. Bawalah bekal makanan atau minuman kesukaan keluarga agar makin terasa kebersamaannya.

Bekal minuman teh hangat bisa jadi pilihan tepat. jika pada umumnya Anda harus meracik minuman teh di rumah, maka kali ini berbeda dan lebih praktis. Anda tak perlu repot meraciknya. Dengan membawa teh celup dan air di dalam termos, Anda bisa membuat teh di tempat rekreasi dengan mudah. Tambahkan gula sachet. Momen istimewa akan tercipta.

  1. Menciptakan Tradisi Keluarga

Tradisi keluarga? Kebiasaan dalam keluarga adalah tradisi keluarga yang bisa menjadi solusi bagi Anda untuk memupuk kebersamaan antar anggota keluarga. Komunikasi dengan setiap anggota keluarga akan tetap terjaga. Tradisi yang dimaksud adalah melakukan hobi bersama ataupun membersihkan rumah bersama setiap hari tertentu, misalnya saat weekend.

  1. Saling Memberi Kabar Via Medsos

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, sangat mudah bagi Anda untuk menjaga komunikasi antar anggota keluarga. Hanya bermodalkan handphone atau PC, Anda bisa bertukar kabar dengan keluarga dan menyapanya di sela-sela kegiatan di luar rumah. Media sosial siap menjembatani komunikasi Anda. Bahkan, Anda bisa membuat grup keluarga di medsos.

Banyak hal yang dapat kita lakukan bersama dengan keluarga. Anda yang awalnya sibuk dengan kegiatan atau pekerjaan bisa menerapkan berbagai cara yang mengasyikkan tersebut bersama orang-orang terkasih. Jadi, gunakan waktu sebaik-baiknya untuk membina komunikasi keluarga. Minuman teh bisa menemani momen spesial bersama orang spesial.

Advertisement