Faktor yang Menentukan Besaran Premi Asuransi Mobil

Thursday, August 25th, 2016 - Ekonomi

Advertisement

Dewasa ini asuransi menjadi salah satu kebutuhan manusia modern dalam melindungi aset yang dimilkinya dari berbagai kemungkinan terburuk, semakin banyak saja orang yang menyadari mengenai pentingnya mempunyai asuransi mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi rumah sampai asuransi mobil. Mobilitas yang tinggi dan kondisi jalanan yang terkadang rawan kecelakaan menuntut pemilik kendaran khususnya mobil untuk melindungi kendaraannya dengan asuransi sebagai bentuk antisipasi.

Manfaat Asuransi Mobil

Advertisement

Asuransi mobil berperan untuk melindungi kendaraan dari berbagai resiko,  mobil yang tidak dilengkapi dengan asuransi tentu akan membuat pemiliknya menderita kerugian yang relatif besar jika secara tiba-tiba terserempet ataupun hilang. Kondisi jalanan termasuk yang tidak bisa diprediksi, resiko kerusakan pada body sampai mesin mobil bukan hanya dapat sebabkan oleh ramainya jalan raya saja, namun juga peristiwa banjir dan kerusuhan yang seringkali sulit untuk dihindari. Oleh karena itu asuransi mobil pun menjadi dipilih yang tepat untuk meringankan beban akibat kerugian yang diderita. Umumnya perlindungan yang ditawarkan pihak asuransi dapat membuat para nasabahnya lebih tenang dan nyaman saat berkendara.

Faktor-faktor yang Menentukan Besaran Premi Asuransi Mobil

Untuk dapat ikutserta dalam sebuah asuransi, maka calon nasabah diharuskan untuk membayar sejumlah uang sebagai kewajibannya atas tanggungan pihak perusahaan asuransi, hal inilah yang disebut dengan premi. Umumnya premi asuransi mobil dan kendaraan lainnya dibayarkan setiap satu tahun sekali. Ada beberapa faktor yang dapat menentukan besar kecilnya premi yaitu : jenis jaminanjenis kendaraan, jenis plat nomor, tahun kendaraan dan harga kendaraan. Secara umum semakin mahal harga mobil nasabah maka semakin tinggi juga premi asuransinya, kondisi ini tidak terlepas dari besarnya tanggungan pihak perusahan asuransi dalam menjamin kerugian yang disebabkan oleh kerusakan pada mobil maupun kehilangan.

asuransi mobil terbaik - asura

Perusahaan asuransi mobil mempunyai dua jenis layanan asuransi yang dapat nasabah gunakan untuk memberikan proteksi pada kendaraan mereka yaitu Comprehensive atau all riks dan Total Loss Only atau TLO. Masing-masing dilengkapi dengan fitur yang berbeda, namun sama-sama mempunyai manfaat. Asuransi all risk akan melindungi mobil dari risiko lecet bahkan hilang, sementara asuransi total loss only hanya menjamin kerugian yang dialami nasabah akibat peristiwa kehilangan dan kerusakan mobil lebih dari 75 % sampai kondisi mobil yang sudah tidak bisa untuk dikendarai lagi. Mengingat adanya perbedaan tanggungan, maka masing-masing menetapkan premi asuransi mobil yang berbeda-beda pula dimana besaran premi yang harus dibayarkan sepadan dengan manfaat yang akan diterima oleh pemegang polis. Jika dilihat dari besar tanggungan asuransi maka premi untuk asuransi all risk jauh lebih besar jika dibandingkan dengan asuransi total loss only. Mengingat cangkupan pelindungan dan harga yang berbeda, maka Anda dapat memilih jenis asuransi kendaraan ini sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Selain all riks dan TLO, didalam dunia asuransi ini juga dikenal istilah ‘perluasan’. Perluasan sendiri adalah penambahan cakupan perlindungan yaitu yang meliputi bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami, banjir, kerusuhan atau sabotase. Biasanya perlu tidaknya perluasan perlindungan diambil turut dipengaruhi oleh kondisi daerah yang ditinggali. Jika Anda tinggal di kawasan yang rawan banjir atau sering terjadi tawuran maka secara otomatis perluasan ini dibutuhkan. Demikianlah informasi mengenai manfaat melindungi kendaraan dengan asuransi dan beberpa faktor yang dapat mempengaruhi besaran premi asuransi mobil, semoga dapat bermanfaat.

Advertisement
Advertisement by Google

Faktor yang Menentukan Besaran Premi Asuransi Mobil | admin | 4.5