Dampak Positif dan Negatif Reklamasi

Thursday, June 16th, 2016 - Ekonomi

Advertisement

Salah satu isu terbaru yang belakangan ini muncul ke media yaitu permasalahan reklamasi, khususnya reklamasi yeng terjadi dan dilakukan di ibukota jakarta. Sebagai masyarakat yang cerdas untuk menyikapi hal tersebut maka kita perlu mengetahui dan memahami terlebih dahulu apa itu reklamasi?. Reklamasi itu sendiri secara umum berarti penimbunan kawasan perairan sehingga menjadi sebuah lahan baru yang lebih produktif. Reklamasi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengubah dan memperbaiki kawasan berair yang rusak dan tidak dapat di gunakan menjadi sebuah kawasan yang lebih bermanfaat dan lebih baik seperti perumahan, tempat wisata, taman dan lain – lain.

Melihat penjelasan di atas, reklamasi ini berarti menggorbankan daerah perairan yang telah rusak menjadi sebuah daratan yang lebih baik, namun tentunya hal tersebut akan selalu menimbulkan pro dan kontra. Kegiatan reklamasi ini sangat masuk akal apabila kita lihat secara ilmu ekonomi dengan konsep oportunity cost, dimana kita di haruskan untuk memilih sesuatu dengan tingkat efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan hal lain dengan tingkat efisiensi yang lebih rendah. Namun tentunya dengan mempertimbangkan aspek dan faktor-faktor pendukung lainya untuk menentukan apakan memang reklamasi ini benar benar perlu dilakukan.

Advertisement

Sebelum pilihan untuk melakukan reklamasi dilakukan ada beberapa hal yang perlu di perhatian dan menjadi pertimbangan. Pulau reklamasi

Secara umum kami rangkum menjadi 3 hal yaitu :

  1. Bagaimana reklamasi ini nantinya akan benar benar bermanfaat dan dapat memperbaiki lingkungan dan bukan malah merusaknya.

  2. Persiapan yang matang harus benar benar dilakukan untuk menjaga dan mengendalikan efek atau dampak buruk yang terjadi akibat rekalmasi ini seperti menjaga biota air dan ekosistem yang ada dan dampak negatif lain yang mungkin akan muncul pada saat proses reklamasi nantinya.

  3. Kegiatan reklamsi ini harus benar benar melibatkan masyarakat setempat.

Tanpa adanya persiapan yang benar – benar matang proses reklamasi ini dapat menimbulkan beberapa dampak negatif seperti :

  • Perkuaan air laun akan semakin tinggi, hal tersebut di karenakan daerah yang sebelumnya menjadi penampungan air telah berubah menjadi daratan.

  • Akibat dari meningginya permukaan air laut tersebut, maka daerah pantai lainya yang lebih rendah akan rawan tenggelam. Termasuk apabila ada areal persawahan di sekitar pantai maka air asin lau yang naik tersebut akan dapat mematikan tanaman.

  • Rusaknya tempat hidup dan biota air yang ada di pantai yang akan dapat menganggu adanya keseimbangan alam. Dan apabila gangguan tersebut dalam skala besar akan dapat menimbulkan perubahan cuaca.

Namun, apabila reklamasi ini dilakukan dengan cara yang tepat, maka dampat negatif tersebut tidak bersifat permanen atau bahkan mungkin malah tidak terjadi.

Reklamasi Teluk BenoaSelain dapat menimbulkan dampak negatif, reklamasi ini juga memberikan banyak keuntungan atau memiliki banyak dampak positifnya. Secara umum kami bagi kedalam 3 apek dampak positif reklamasi yang saling berketerkaintan yaitu :

  1. Aspek Ekonomi, dengan adanya daratan baru maka kebutuhan akan pemukiman, perkantoran dan taman akan dapat terpenuhi. Selain itu reklamasi ini tidak akan mengilangkan mata pencaharian nelayan karena memang sebelumnya daerah reklamasi ini sudah rusak tentunya ikan di daerah ini juga sudah semakin berkurang, justru akan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru. Selain itu area pelabuhanpun akan semakin luas dan berkembang dan akan memotong biaya transportasi. Seperti kita ketahui saat ini pelabuhan telah menjadi salah satu penggerak perekonomian.

  2. Aspek Lingkungan, manfaat umum dari aspek lingkungan ini yaitu penataan ulang patai yang terkena abrasi ke bentuk normal sebelumnya.

  3. Aspek Budaya, manfaat pada aspek budaya salah satunya yaitu akan dapat mengurangi kepadatan penduduk dan menciptakan wilayah baru yang bebas dari penggusuran. Dengan adanya reklamasi ini juga akan dapat menghindari adanya perluasan daerah kumuh yang tidak sesuai dengan tata kota.

Advertisement
  • dampak positif dan negatif reklamasi
  • dampak positif reklamasi
  • dampak positif dan negatif reklamasi pantai
  • pengaruh negatif reklamasi teluk benoa
  • dampak positif dan negatif untuk mengatasi kebuyuhan lahan yaitu melalui reklamasi lahan
  • 3 dampak positif dan negatif reklamasi
  • reklamasi baik atau buruk
  • 5 dampak negatif dan positif dari reklamasi teluk benoa
  • dampak negatif reklamasi pantai
  • dampak positif dan negatif reklamasi lahan
Advertisement by Google

Dampak Positif dan Negatif Reklamasi | admin | 4.5