Daftar Hal yang Harus Dilakukan dalam Persiapan Persalinan

Menunggu persalinan tiba adalah hal yang paling mendebarkan oleh setiap calon orang tua. Untuk itu, Anda harus melakukan berbagai persiapan persalinan yang tepat untuk menyambut buah hati. Ada banyak yang harus Anda lakukan, bukan sekadar memasukkan beberapa hal ke dalam tas lalu pergi ke rumah sakit. Lalu apa saja yang harus dilakukan?

Persiapan di Rumah

Waktu melahirkan biasanya sudah ada perkiraannya. Nah, sebelum waktu perkiraannya tiba, Anda wajib melakukan beberapa persiapan di rumah dulu. Ini penting dilakukan agar Anda tidak terpikir lagi untuk melaksanakannya setelah melahirkan. Bisa juga agar tidak takut lupa nantinya. Apa saja persiapan di rumah ini?

  1. Bayar Semua Tagihan

Salah satu yang wajib Anda lakukan dalam menunggu kelahiran adalah membayar semua tagihan. Ini memang sepele namun sangat mudah dilupakan apalagi bila Anda sudah sibuk mengurusi bayi nantinya. Maka dari itu, bayar semua tagihan seperti tagihan listrik, PDAM dan lainnya sebelum waktu perkiraan kelahiran tiba.

  1. Belanja Bulanan

Berbelanja bulanan tetap harus dilakukan sebelum mempersiapkan persalinan. Ini penting dilakukan juga untuk mengurangi kerepotan yang akan menyambut Anda sepulang dari rumah sakit. Cukupilah semua kebutuhan rumah tangga. Misalnya popok bayi, tisu basah, kain bedong, susu formula, sabun dan lainnya.

Daftar Hal yang Harus Dilakukan dalam Persiapan Persalinan

  1. Cari Bala Bantuan

Ini adalah hal yang paling penting. Anda pasti tak bisa mengurus bayi sendirian, kan? Meskipun suami bisa membantu, itu tidak akan maksimal karena mereka juga harus bekerja. Anda bisa meminta bantuan dari keluarga terdekat. Namun, bila tak ada, Anda bisa menyewa jasa asisten rumah tangga untuk membantu Anda.

Persiapan di Rumah Sakit

Setelah persiapan kelahiran di rumah sudah beres dan waktu perkiraan kelahiran sudah tiba, sekarang Anda bisa melakukan persiapan untuk di rumah sakit. Ini juga penting dilakukan agar Anda tak keteteran di rumah sakit nanti. Apa saja?

  1. Persiapkan Segala Keperluan Bayi dan Ibu

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam persiapan di rumah sakit adalah mempersiapkan segala kebutuhan bayi dan ibu. Bawalah semua perlengkapan bayi dan ibu melahirkan yang diperlukan seperti kain bedong, jarit, perlengkapan mandi, baju salin bayi dan ibu dan masih banyak lagi. Ini semua harus lengkap agar Anda tak sibuk mencari nantinya.

  1. Tentukan Siapa Saja yang Boleh Ikut

Hal lain yang perlu Anda lakukan dalam mempersiapkan kelahiran buah hati adalah menentukan siapa saja yang boleh ikut menemani saat kelahiran. Beberapa orang ingin kelahiran bayinya disambut banyak orang. Beberapa lagi hanya orang terdekat saja. Terserah yang mana, asal Anda nyaman saja dengan semua orang ini.

Nah, sudah melakukan semua persiapan persalinan di atas dengan benar? Coba cek lagi, apakah benar Anda sudah melakukannya? Ceklah berkali-kali agar Anda yakin tak ada yang terlewat. Memang, mempersiapkan persalinan ini terdengar mudah, tapi sebenarnya tidak seperti itu. Anda benar-benar harus teliti dalam melakukannya.