Contoh Surat Lamaran Kerja yang Efektif sebagai Modal Anda dalam Berkarir

Wednesday, August 2nd, 2017 - Others

Advertisement

Ingin punya karir mapan? Untuk merealisasikannya, Anda harus memenuhi setiap persyaratan yang ditetapkan oleh pihak penyedia lapangan pekerjaan. Surat lamaran kerja adalah salah satunya. Oleh karena itu, Anda harus memahami dan mengerti poin-poin penting untuk membuat surat lamaran pekerjaan. Dalam artikel ini, terdapat contoh surat lamaran kerja yang efektif untuk membantu Anda dalam mempelajari hingga membuat surat yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan.

Sebagai langkah awal membuat surat pengajuan lamaran kerja dalam posisi tertentu di sebuah instansi, sebaiknya Anda perlu memahami unsur-unsur, ragam bahasa, serta sistematika penulisan (urutan penulisan) yang baik dan benar. Berbagai hal tersebut merupakan modal untuk menghasilkan surat yang benar-benar meyakinkan dan layak dipertimbangkan oleh HRD saat menyeleksi Anda. berikut ini merupakan uraian dari berbagai hal tersebut beserta contoh surat lamaran kerja yang benar.

Advertisement
  1. Unsur-Unsur dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan

Melamar pekerjaan harus disertai dengan niat yang sungguh-sungguh, bukan? Keseriusan Anda pada setiap proses akan berpengaruh pada hasilnya nanti. Sama halnya saat akan melamar pekerjaan. Anda harus mempersiapkan segala persyaratannya dengan baik, termasuk surat lamaran pekerjaan.

Adapun unsur penting dalam surat lamaran kerja yang harus diketahui. Apa sajakah hal tersebut? Surat lamaran pekerjaan sama seperti surat pada umumnya yang terdiri dari pembuka, isi, dan penutup. Hanya saja, terdapat perbedaan mengenai unsur-unsur di dalamnya. Selain bagian-bagian tersebut, cantumkan identitas surat yang meliputi tempat dan tanggal penulisan surat, perihal, tujuan surat (bagian HRD instansi penerima dan alamatnya), nama penulis surat beserta tanda tangan.

Pada bagian pembuka, tuliskan kalimat pembuka dengan bahasa yang sopan. Selanjutnya, pada bagian isi cantumkan data diri Anda secara lengkap (nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamat, nomor telepon/HP, alamat e-mail, dan status perkawinan). Selanjutnya, tulislah mengenai data lampiran penyerta surat lamaran pekerjaan seperti daftar riwayat hidup (CV) dan lainya. Terakhir, pada bagian penutup berisi kalimat penutup dan harapan untuk lanjut pada tahap wawancara. Pada sudut kanan bawah, cantumkan nama terang sekaligus bubuhkan tanda tangan.

  1. Ragam Bahasa

Contoh surat lamaran pekerjaan efektif sangat perlu untuk Anda pelajari. Salah satu bagian yang harus diperhatikan dan dipahami adalah ragam bahasa. Surat ini termasuk surat resmi, sehingga menggunakan bahasa ragam formal. Dalam ragam bahasa ini, Anda harus menggunakan bahasa yang resmi, seperti yang ada pada KBBI.

Selain itu, cermati dalam penyusunan kalimat. Rangkailah kata-kata menjadi kalimat yang komunikatif (mudah dipahami) dan juga efektif (tidak ada pemborosan kata). Dengan demikian, maksud surat dapat tersampaikan dengan baik dan tidak menguras tenaga dari pihak yang membacanya.

Syarat Melamar Pekerjaan

  1. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Selain memaparkan penjelasan di atas, artikel ini juga memuat mengenai contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Susunannya yang sistematis dapat Anda perhatikan agar dapat membuat surat lamaran kerja yang runtut. Surat laparan pkerjaan ini akan lebih baik jika di tulis tangan. Berikut ini merupakan salah satu contohnya.

         Surat Lamaran Kerja

                                                                                                           Bandung, 5 Agustus 2017

Hal                   : Surat Lamaran Pekerjaan

Lampiran         : 7

Kepada Yth.

Kepala Bagian Personalia/HRD

PT Sumber Makmur

Jalan Merdeka Raya No. 54, Tasikmalaya

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari media cetak berupa surat kabar terkini mengenai lowongan pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, saya berminat untuk mengisi posisi yang sedang dibutuhkan tersebut. Dengan surat lamaran kerja ini, saya mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan ini.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                              : Sherrly Anita

Tempat, tanggal lahir   : Bandung, 21 September 1995

Jenis kelamin                 : Perempuan

Pendidikan terakhir     : S1 Manajemen

Alamat                            : Jalan Surya Mandala No.97, Bandung

Nomor telepon              : 085701322405

E-mail                            : sherrlyanita@gmail.com

Status Perkawinan      : Belum menikah

Sebagai bahan pertimbangan dan melengkapi data yang diperlukan, saya lampirkan kelengkapan data diri saya berikut ini.

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi ijazah terakhir
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Fotokopi keterangan kesehatan
  5. Fotokopi sertifikat prestasi
  6. Fotokopi sertifikat training/workshop
  7. Fotokopi hasil tes TOEFL

Demikian surat lamaran ini saya buat. Atas perhatian dan pertimbangan Anda, saya ucapkan terima kasih.

                                                                                                                        Hormat saya,

                                                                                                                               Ttd.

                                                                                                                       Sherrly Anita

Demikianlah informasi seputar surat lamaran pekerjaan untuk Anda, sebagai modal awal dalam meniti karir. Sebagai saran, sebaiknya Anda memahami keseluruhan bagian surat dan unsur-unsur yang terkandung di dalamnya. Penggunaan bahasa ragam formal/resmi merupakan suatu keharusan, di mana surat lamaran pekerjaan termasuk surat resmi.

Usahakan menggunakan tata kalimat yang baik, benar, serta tidak bertele-tele. Sebagai gambaran, terdapat contoh surat lamaran kerja yang sudah tercantum di atas. Apabila berusaha yang terbaik, maka akan berbuah keberhasilan. Percayalah dan tetaplah berusaha. When there is a will, there is a way! Try in every chance!

Advertisement
  • gambar lucu untuk suami istri
  • Pertahanan th 6 terkuat
  • pantun jawa begadang
  • Base pertahanan coc th 6
  • dp bbm ora duwe selingkuhan
Advertisement by Google

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Efektif sebagai Modal Anda dalam Berkarir | admin | 4.5
shares