Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mata

Tuesday, August 9th, 2016 - Kesehatan

Advertisement

Mata dapat dikatakan sebagai salah satu panca indera yang paling penting (semua panca indera itu memang penting kan,?) karena mata juga merupakan jendela kita untuk dapat melihat indahnya kehidupan. Bahkan untuk sebagian wanita mata merupakan bagian tubuh yang sangat istimewa dan selalu mereka banggakan. Mata yang indah dan sehat membuat mereka semakin tampil cantik dan menawan. Meskipun begitu penting dan istimewa masih banyak orang yang mengabaikan kesehatan mata mereka padahal cara merawat kesehatan mata ini tidaklah begitu sulit dan cukup dilakukan secara konsisten.

Ada banyak sekali jenis penyakit mata yang dapat mengancam kesehatan mata kita yang sebenarnya berawal dari ketelodoran kita dalam menjaga kesehatan dan kebersihan mata kita. Tanpa kita sadari kita sering melakukan hal – hal yang justru dapat membahayakan kesehatan mata kita seperti membaca dengan posisi telentang, nonton televisi dengan jarak yang cukup dekat, sering beraktifikas dengan menggunakan komputer atau laptop tanpa melakukan relaksasi mata dan masih banyak lagi yang lainnya.

Advertisement

Sudah saatnya anda mulai untuk membiasakan diri menjaga kesehatan mata anda mulai dari saat ini. Berikut kami berikan beberapa tips cara sederhana untuk menjaga dan merawat kesehatan mata anda.Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Baik Dan Tepat

  • Lakukanlah Pemeriksaan Rutin

Banyak orang merasa bahwa mata mereka baik – baik saja karena selama ini tidak ada masalah dengan penglihatan mereka. Namun melakukan pemeriksaan mata secara rutin adalah satu satunya cara untuk memastikan kesehatan mata anda. Selain itu dengan melakukan pemeriksaan rutin anda dapat melakukan deteksi dini jika ternyata ada sesuatu yang tidak beres dengan mata anda. Konsultasi kesehatan mata anda dengan dokter spesialis mata jika anda merasakan sesuatu yang berbeda dengan penglihatan anda karena bisa jadi itu merupakan gejala awal dari terganggunya kesehatan mata anda.

  • Gunakan Kacamata Hitam

Bagi anda yang sering beraktifitas di luar ruangan yang sering terpapar sinar matahari langsung sebaiknya anda selalu menggunakan kacamata hitam untuk melindungi mata anda karena dengan terpapar sinar UV akan memberikan kemungkinan terkena penyakit mata katarak dan degerasi makula.

  • Atur Jarak Pandang

Selalu perhatiakn jarak pandang anda baik pada saat membaca, menonton televisi ataupun pada saat beraktifitas dengan menggunakan komputer atau laptop.

  • Hilangkan Kebiasaan Mengucek Mata

Jika mata anda terasa gatal jangan langsung kucek mata anda karena kebersihan tangan anda tentunya belum terjamin karena aktifitas yang anda lakukan tentunya banyak menggunakan tangan sehingga akan banyak kuman di tangan anda. Mengucek mata akan dapat menginsfeksi jaringan organ di mata anda yang malah bisa berakibat yang lebih fatal.Menjaga Kesehatan Mata

  • Istirahatkan Mata anda

Janganlah memaksakan mata anda untuk melakukan aktifitas yang membuat mata anda menjadi cepat lelah, lakukan relaksasi mata secara konsisten.

Selain cara sederhana menjaga kesehatan mata di atas, mengetahui riwayat kesehatan mata keluarga anda juga cukup penting karena pada beberapa kasus masalah kesehatan mata ini diturunkan oleh orang tua. Jika ada anggota keluarga yang mempunyai riwayat penyakit mata, maka segeralah melakukan pemeriksaan mata anda untuk melakukan pencegahan dan deteksi dini dari permasalahan kesehatan mata.

Advertisement
Advertisement by Google

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mata | admin | 4.5