Cara Mudah Merangsang Kecerdasan Bayi

Saturday, February 4th, 2017 - Ibu & Anak

Advertisement

Setiap orang tua pasti berharap agar anaknya cerdas dan memiliki tumbuh kembang bayi yang baik. Kecerdasan anak selama ini dianggap berkaitan erat dengan faktor genetik atau warisan orang tuanya. Terlepas dari hal tersebut, kecerdasan bayi dapat dioptimalkan dengan pemberian dukungan yang baik semenjak anak berusia dini. Sebagian besar dari Anda pun pasti sudah pernah mendengar mengenai golden age alias usia emas anak dimana pada usia anak-anak inilah orang tua seharusnya memberikan rangsangan kemampuan otak. Simak beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk merangsang kemampuan otak bayi.

  • Peluk Bayi Anda

Sangat mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu memeluk bayi Anda dengan penuh rasa kasih sayang. Pelukan merupakan salah satu rangsangan untuk otaknya dalam memperkenalkan rasa cinta.

Advertisement
  • Lakukan Pemijatan

Cara stimulasi pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan pemijatan santai pada bayi Anda. Hal ini telah dibuktikan dengan penelitian bahwa pijatan yang kita berikan kepada bayi dapat merangsang terhubungnya sel saraf otak bayi sehingga kemampuan otaknya pun menjadi maksimal.

  • Lakukan Senam Ringan

Selain memijat, Anda juga disarankan untuk membantu bayi Anda melakukan senam ringan khusus bayi. Senam ringan ini bisa orang tua lakukan dengan mengerakkan tangan bayi kemudian menyilangkannya ke depan dadanya dan menggerakkan kaki bayi seperti sedang mengayuh sepeda masing-masing sebanyak 4 kalii.

  • Ajak Berbicara

Poin ketiga ini merupakan poin yang sangat penting demi mendukung tumbuh kembang anak secara maksimal. Dengan mengajak bayi Anda berbicara, Anda telah secara tidak langsung merangsang kemampuan bahasa pada bayi. Lakukanlah hal ini walaupun bayi tidak mengerti sepenuhnya dan belum bisa merespon. Hal ini akan membentuk pola bicara di otaknya.

  • Memperdengarkan Musik Klasik

Bukan sebuah rahasia lagi bahwa musik klasik memiliki berbagai manfaat pada bayi bahkan pada janin yang masih berada di dalam kandungan. Oleh karena itu, kami sarankan agar orang tua sesekali memperdengarkan musik klasik pada bayi atau orang tua juga bisa menyanyikan sebuah lagu secara berulang-ulang.Cara Mudah Merangsang Kecerdasan Bayi

  • Ubah Posisi Bayi 30 Menit Sekali

Penting untuk dilakukan, ubahlah posisi bayi Anda 30 menit sekali dengan membuatnya berada di posisi berdiri, telentang atau tengkurap sesekali. Dengan begini maka bayi mampu melihat sekelilingnya.

  • Kenalkan Bayi dengan Anak Lain

Ajaklah bayi untuk melakukan interaksi dengan mengenalkannya dengan anak sebayanya. Hal ini dilakukan untuk membantu dalam penyesuaian perkembangannya.

Rangsangan sebenarnya disebut juga dengan stimulasi yakni suatu dukungan yang dapat orang tua lakukan untuk mendapat tumbuh kembang anak yang baik. Berbagai macam stimulasi dan informasi lain seputar perkembangan anak bisa Anda lihat di website WYETH.

Advertisement
Advertisement by Google

Cara Mudah Merangsang Kecerdasan Bayi | admin | 4.5
shares