Cara Menggendong Bayi Yang Baru Lahir Dengan Aman

Tuesday, October 18th, 2016 - Ibu & Anak

Advertisement

Cara menggendong bayi yang baru lahir dengan aman. Dikaruniai seorang buah hati memang memiliki kebahagiaan yang luar biasa dan tidak dapat digambarkan melalui kata kata. Apalagi bagi para pasangan muda, kehadiran buah hati semakin menyempurnakan keharmonisan keluarga. Nah permasalahan bagi para pasangan muda ini biasanya datang dari cara menyusui yang benar dan cara menggendong bayi, terutama bayi yang baru lahir. Bayi yang baru lahir memang memiliki leher dan tulang yang belum begitu kuat. Sehingga cara menggendong juga harus diperhatikan secara baik. terkadang adapula pasangan orang tua muda yang takut dalam menggendong bayi baru lahir, dan alangkah baiknya sebelum bayi kita lahir kita mempelajari terlebih dahulu cara menggendong bayi baru lahir.

Berbagai Cara Menggendong Bayi

Advertisement

Berbagai cara menggendong bayi memang sebaiknya kita ketahui, sebab menggendong bayi bukan hanya sekedar menggendong. Dengan cara menggendong bayi yang baik akan mempererat hubungan kasih sayang antara bayi dengan orang tuanya.

  • Cara menggendong dengan menimang merupakan cara mendasar dan juga klasik yang sering dilakukan banyak orang. Bila anda sedang mulai belajar menimang bayi, ambillah bayi yang sedang berbaring dengan hati hati kemudian letakkan bayi di salah satu bagian tangan anda. Kepala serta leher harus berada di lengan anda ya, cobalah posisi yang nyaman bagi bayi, dan tangan yang satunya lagi silahkan menopang bagian pantat bayi.

cara menggendong bayi dengan kain

  • Cara menggendong bayi untuk posisi menyusu juga harus dipelajari dengan baik. Menyusu dengan menggendong dapat anda lakukan baik itu dalam posisi duduk atau berdiri. Pada saat bayi masih terlalu kecil, hindari menyusu dengan posisi tidur. Dikhawatirkan bila nanti hidung si bayi akan tertutup payudara ibu ketika tidur dan dapat menghentikan nafas bayi. Posisi menggendong hampir sama dengan posisi menimang tadi, anda dapat menambahkan bantal atau penyangga leher bayi lainnya. kemudian dekatkan kepala bayi ke payudara bunda. Sedikit info saja, yang perlu bunda ingat sebelum menyusui adalah selalu membersihkan area payudara dan mencuci tangan sebelum menyusui. Karena imunitas bayi masih belum kuat dan mudah tertular penyakit.
  • Menggendong bayi sembari memeluknya. Siapa sih yang tidak menyukai sebuah pelukan hangat? Sama seperti bayi, dia akan merasa tenang bila kita memeluknya dengan hangat. Pada umumnya, menggendong dengan posisi sambil memeluk ini dilakukan setelaha bayi selesai menyusu. Agar asi benar benar masuk sampai keperut bayi dan mencegah asi keluar lagi atau sering disebut dengan gumoh. Gunakan telapak tangan anda untuk memegang kepala bayi dan bagian lengan untuk menyangga leher bayi. Tangan yang lainnya untuk menopang pantat bayi. Posisikan bayi secara vertikal sejajar dengan arah tubuh anda, lalu posisikan bayi pada dada anda. Perhatikan kepala serta hidung bayi jangan sampai tertutup.

Itulah tadi beberapa ulasan kita mengenai cara menggendong bayi. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan. Bagi para pasangan ayah bunda yang masih muda dan sedang menanti kehadiran sang buah hati, sebaiknya anda belajar terlebih dahulu.

Advertisement
  • gendong bayi baru lahir dengan bantal
Advertisement by Google

Cara Menggendong Bayi Yang Baru Lahir Dengan Aman | admin | 4.5
shares