Cara Mengatasi Rambut Rontok Muslimah Bejilbab

Friday, April 8th, 2016 - Kesehatan

Advertisement

Rambut merupakan mahkota bagi setiap wanita. Namun untuk muslimah, rambut merupakan salah satu aurat yang wajib ditutupi. Kendati demikian, bukan berarti kita tidak melakukan perawatan pada rambut. Justru rambut berjilbab memerlukan perawatan ekstra agar terjaga kesehatan dan keindahannya. Banyak wanita berjilbab mengeluhkan kerontokan pada rambutnya. Jika kepala sering ditutup, rambut akan lembab sehingga memunculkan ketombe dan menimbulkan kerontokan. Sebenarnya kerontokan rambut lumrah terjadi. Rambut rontok akan tergantikan dengan rambut baru yang akan tumbuh. Tetapi jika kerontokan melebihi 100 helai setiap harinya, hal ini sudah pasti up normal. Jika terus dibiarkan terjadi bisa menimbulkan kebotakan. Sebab-sebab rambut rontok diantaranya pemakaian sampo yang kurang tepat, langsung menggunakan jilbab saat rambut masih basah, sering dikucir, faktor makanan, faktor hormonal, stres, penyakit yang diderita, dan ada pula karena faktor keturunan.Mencegah Rambut Rontok Bagi Wanita Berkerudung

Menurut para ahli, kerontokan rambut dapat dicegah dengan konsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik untuk rambut. Kurangi makanan yang mengandung banyak lemak, makanan pedas juga dapat menyebabkan rambut rontok pada sebagian orang. Diantara makanan baik itu adalah yang mengandung mineral zat besi, seng, tembaga, biotin, vitamin B12, dan asam lemak omega 3. Wanita sangat rentan terkena anemia atau kekurangan zat besi, karena setia bulan wanita mengalami menstruasi. Penelitian mendiskripsikan zat besi berpengaruh pada kerontokan rambut. Sumber zat besi dan vitamin B12 dapat diperoleh dari sayuran hijau, kuning telur, serta daging-dagingan. Adapun cara mengatasi rambut rontok untuk muslimah berhijab dapat disesuaikan dengan penyebabnya.

Advertisement

Perawatan Rambut Pada Wanita Berjilbab

Rambut yang biasa tertutup jilbab cenderung mudah berkeringat juga lepek. Terlebih lagi jika muslimah ini memiliki mobilitas tinggi. Untuk itu, anda dapat melakukan beberapa tips jitu untuk mencegah rambut rontok. Tips pertama, gunakan shampo yang sesuai dengan karakter rambut anda untuk keramas secara teratur. Keringkan rambut dengan sempurna sebelum anda mengenakan jilbab. Pijit ringan bagian kepala dan sisirlah rambut dengan menggunakan sisir bergigi jarang. Sesekali waktu, anda bisa memanfaatkan lidah buaya untuk masker rambut. Hindari pula mengikat rambut dengan ikatan terlalu kencang. Tips kedua berkaitan dengan jilbab yang dikenakan. Sebaiknya anda memilih bahan jilbab dengan bahan yang dapat menyerap keringat dengan baik. Selain itu gunakan jilbab dengan model yang simpel sehingga sirkulasi udara lebih lancar dan kepala tidak lembab. Jika ingin mengenakan ciput (dalaman kerudung), gunakan ciput dengan bahan kaos atau katun yang lembut. Tips ketiga, istirahatkan rambut untuk bernafas. Setelah seharian penuh beraktifitas dengan memakai jilbab, sebaiknya lepas jilbab ketika anda sudah berada di rumah. Itulah beberapa cara mengatasi rambut rontok untuk wanita berjilbab, semoga bermanfaat.

Advertisement
Advertisement by Google

Cara Mengatasi Rambut Rontok Muslimah Bejilbab | admin | 4.5