Cara mengatasi kulit kering dan kusam

Saturday, September 5th, 2015 - Kesehatan

Advertisement

Memiliki tipe kulit wajah dan badan kering dan kusam tentu akan membuat anda sangat tertanggu dan bermasalah dengan kepercayaan diri anda terutama dalam segi penampilan. Bahkan parahnya anda akan semakin terlihat lebih tua dari umur anda dari usia anda yang sebenarnya. Jenis kulit kering atau kusam ini akan memicu munculnya keriput dan penuaan dini lebih cepat di banding dengan anda yang memiliki kulit normal atau jenis kulit berminyak. Untuk mengatasi kulit wajah kering dan kusam memang di butuhkan perawatan ekstra dan harus konsisten karena jika tidak segera diatasi dengan cepat terkadang sering juga akan menimbulkan pengelupasan pada kulit anda, atau bahkan tidak jarang kulit anda akan menjadi terlihat kemerah-merahan terutama saat terkena sinar matahari.

Cara mengatasi kulit kering dan kusam degan cepat sebenarnya tidak di sarankan, karena sesuatu yang di peroleh dengan instan biasanya memiliki efek samping yang justru dapat membahayakan. Oleh karena itu untuk mengatasi kulit kering dan kusan anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab kulit kering dan kusam agar anda dapat menemukan cara dan solusi yang tepat untuk mengatasi kulit kering dan kusam ini sekaligus anda juga akan mengetahui cara pencegahan agar kulit anda nantinya tidak akan menjadi kering dan kusam lagi.

Advertisement
Penyebab kulit kering

Penyebab kulit kering

Penyebab kulit kering dan Kusam

Dalam istilah medis kulit kering merupakan kesehatan yang biasanya disebut “iktiosis”, yaitu hilangnya kelembaban pada lapisan kulit epidermis yang akan membuat elastisitas kulit anda menjadi berkurang. Kulit kering ini umumnya juga akan memicu gangguan kesehatan kulit lain seperti kusam, kemerahan, dan sensitif terutama saat terkena paparan sinar matahari langsung atau karena pergantian cuaca. Selain itu penyebab kulit menjadi kering dapat juga di karenakan faktor genetik atau keturunan, infeksi jamur kulit, atau juga karena efek samping dari mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Kurangnya konsumsi sayuran dan buah buahan yang memiliki kandungan mineral, vitamin B2 dan E juga merupakan penyumbang yang menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam. Kurangnya asupan air juga akan menyebabkan kulit menjadi dehidrasi sehingga akan kulit akan menjadi kering.

Penyebab kulit menjadi kering lainya yang terkadang sering dilupakan oleh banyak orang adalah akibat dari penggunaan kosmetik yang tidak tepat atau kurang cocok dengan jenis kulit anda sehingga menyebabkan kulit anda menjadi kering dan kusam.

Cara Mengatasi kulit kering dan kasar

Solusi perawatan kulit wajah kering dan kasar sesungguhnya tidak begitu sulit namun memang mebutuhkan waktu dan konsistensi anda dalam melakukan perawatan kulit anda agar kembali normal dan mengembalikan kepercayaan diri anda. Untuk mengatasi kulit kering, kasar dan kusam ada beberapa solusi perawatan kulit yang dapat anda lakukan sebagai berikut :

  1. Sabun Cuci Muka

    Perhatikanlah penggunaan sabun cuci muka anda, hindari penggunaan sabun yang dapat membuat kulit wajah anda menjadi kering. Penggunaan sabun cuci muka yang dapat membuat kulit anda kering akan semakin merusak kulit anda dan membuat usaha anda untuk mengembalikan kelembaban kulit akan menjadi sia-sia. Selektif dan berhati-hatilah dalam memilih sabun cuci muka, pilihkan yang benar-benar cocok untuk kulit muka anda. Perhatikan juga petunjuk dan label cara penggunaanya yang tertera dalam kemasan.

  2. Scrub

    Rutin dalam menggunakan scrub secara teratur akan membatu anda mengebalikan kelebabab kulit anda. Penggunaan scrub akan mengangkat sel-sel kulit yang mati pada kulit wajah anda dan akan tergantikan dengan sel-sel kulit yang baru.

    Cara mengatasi kulit kering dan kusam

    Cara mengatasi kulit kering dan kusam

  3. Gunakan Pelembab

    Gunakanlah pelembab pada kulit wajah anda terutama saat anda berada di luar ruangan. Karena saat berada di luar ruangan kulit wajah anda akan terpapar sinar matahari yang dapat membuat kulit anda menjadi kering dan kasar. Usahakanlah menggunakan pelembab yang berbahan dasar dari susu atau krim ekstrak.

  4. Konsumsi air dan makanan sehat

    Untuk menghindari kulit menjadi dehidrasi maka penuhilah kebutuhan air dengan cukup mengonsumsi air putih. Selain itu untuk memenuhi kebutuhan kulit akan mineral, vitamin B2 dan E, jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengadung vitamin-vitamin tersebut sehingga akan membantu anda mengembalikan kelembaban kulit dari dalam.

  5. Kendalikan Stress

    Seperti kita ketahui bahwa stress memiliki dampak buruk terhadap kesehatan badan dan tubuh kita, stress ini juga memberikan dampak negatif terhadap kesehatan kulit. Oleh karena itu kendalikan stress dengan banyak berolahraga atau berlibur.

Nah sebenarnya sangat mudah bukan untuk mengatasi kulit kering dan kasar, tinggal kesabaran dan konsistensi anda untuk melakukanya karena seperti kita ketahui tidak ada sesuatu yang instan untuk memperoleh hasil yang terbaik. Semoga tips diatas dapat membatu anda dalam mengatasi dan mengetahui penyebab kulit kering, kasar dan kusam.

Advertisement
  • nama singkatan untuk nama fb yg kece
Advertisement by Google

Cara mengatasi kulit kering dan kusam | admin | 4.5