Cara Mengatasi Batuk pada Bayi Sebelum ke Dokter

Monday, November 21st, 2016 - Ibu & Anak

Advertisement

Para orang tua wajib mengetahui bagiamana cara mengatasi batuk pada bayi selain dengan membawa si kecil ke dokter. Pasalnya jika orang tua hanya bergantung pada dokter, pasti akan repot jika suatu saat tidak ada dokter di lingkungan sekitar. Pada dasarnya ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk meredakan batuk pada bayi, terutama bayi yang sudah boleh mengonsumsi makanan pendamping ASI. Bagaimana cara mengobati batuk pada bayi?

Cara Mengatasi Batuk pada Bayi Secara Alami

Advertisement

Bayi biasanya mengalami batuk dengan diikuti dengan demam. Maka dari itu tak heran jika si kecil akan rewel semalam suntuk dan membuat Anda khawatir. Tapi jangan remehkan batuk pada bayi dengan memberikan obat sembarangan. Hati-hati, jika tidak kunjung ditangani, ada risiko batuk akan menjadi lebih parah. Terlebih batuk berdahak, karena kondisi ini bisa menyebabkan bronkitis apabila tidak kunjung diobati akibat dahak yang tidak bisa keluar. Jadi cobalah memberikan obat alami berikut ini pada bayi yang sedang batuk.

  1. Madu

Dikutip dari http://dedaunan.com/mengatasi-batuk-pada-bayi-dan-anak-balita/ cara mengatasi batuk pada bayi yang pertama adalah dengan madu. Di mana madu memang dikenal sebagai zat alami yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Pasalnya madu mengandung senyawa antimikrobial dan juga menjadi antioksidan yang baik untuk tubuh. Tapi Anda juga harus memperhatikan aturan pemberian madu pada anak, karena madu ini hanya dianjurkan untuk anak usia 2 tahun ke atas.

  • Usia 2 s.d. 5 tahun: setengah sendok teh madu.
  • Usia 6 s.d. 11 tahun: 1 sendok teh madu.
  • Usia 12 tahun ke atas: 2 sendok teh madu.
  1. Obat Gosok

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan obat gosok. Tapi ingat, jangan gunakan obat gosok yang terlalu panas. Gunakan obat khusus untuk bayi. Caranya adalah dengan digosokkan pada telapak kaki bayi, lalu kenakan kaos kaki supaya tubuh tetap terasa hangat. Anda juga bisa menggosokkan di bagian dada supaya batuk bisa kunjung mereda.

Cara Mengatasi Batuk pada Bayi Sebelum ke Dokter

  1. Uap Air

Untuk mengatasi batuk pada bayi, orang tua juga bisa menggunakan uap air panas. Tapi Anda harus berhati-hati saat melakukan cara yang ini. Jangan sampai membahayakan si kecil. Caranya adalah dengan menyediakan air panas (mendidih) ke dalam wadah, misalnya mangkuk atau baskom. Kemudian gendong si anak di dekat air tersebut dan biarkan bayi menghirup uap panas. Supaya hasilnya lebih optimal, Anda juga bisa mencampurkan beberapa tetes minyak esensial menthol pada air panas.

  1. Sup Ayam

Bagi anak yang sudah boleh mengonsumsi makanan pendamping ASI, berikan si anak sup ayam hangat. Para ahli sudah membuktikan bahwa sup ayam hangat bisa meredakan batuk pada bayi. Pasalnya sup ayam ini memiliki zat yang bisa memperlambat pergerakan sel yang mengakibatkan masalah kesehatan di dalam tubuh. Akan tetapi jika si anak tidak suka dengan sup ayam, jangan dipaksakan. Lebih baik coba tiga cara yang sudah dijelaskan tadi.

Kesimpulannya, jika buah hati Anda mengalami batuk kering atau batuk berdahak, coba dulu untuk mengobati dengan cara-cara alami seperti yang tadi sudah dijelaskan. Akan tetapi orang tua tidak dianjurkan menggunakan obat-obatan yang tersedia di pasaran untuk bayi. Terutama obat batuk yang mengandung dekstromethorpan dan guaifenesin, karena obat tersebut dianggap terlalu keras untuk anak berusia di bawah 4 tahun. Semoga bermanfaat.

Advertisement
Advertisement by Google

Cara Mengatasi Batuk pada Bayi Sebelum ke Dokter | admin | 4.5