Cara Mencari Guru Privat Murah dan Profesional

Sunday, November 20th, 2016 - Lifestyle, Pendidikan

Advertisement

Guru yang sangat baik dalam memberikan pelajaran adalah guru yang mempunyai kompetensi dan karakteristik yang diperlukan dalam proses belajar. Hal yang sangat penting adalah seorang guru harus mempunyai setidaknya tiga karakteristik utama yakni karakteristik keahlian, karakteristik profesional, dan karakteristik pribadi. Kualitas dari ketiga karakteristik tersebut yang akan menentukan kualitas pembelajaran.  Kompetensi dan karakteristik yang harus dimiliki oleh guru yang baik adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai minat yang sangat besar kepada setiap mata pelajaran yang akan diajarkan.
  • Memiliki skill untuk dapat memperkirakan suasana hati dan kepribadian dengan tepat.
  • Mempunyai sensitivitas, keakraban, dan kecakapan untuk menciptakan semangat saat belajar.
  • Mempunyai pemikiran yang praktis dan imajinatif atau konseptual saat memberikan sebuah penjelasan kepada siswa.
  • Mempunyai kualifikasi yang memenuhi syarat dalam hal isi dan metode ketika mengajar.
  • Mempunyai sikap luwes, eksperimental, dan terbuka dalam teknik dan metode mengajar.

Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru sebenarnya sudah diartikan dalam undang-undang tentang dosen dan guru. Kompetensi dosen atau guru adalah perilaku, keterampilan pengetahuan yang harus dikuasai, dihayati, dan dimiliki oleh guru tersebut saat melakukan tugas profesional. Kompetensi guru menurut undang-undang guru adalah sebagai berikut:

Advertisement
  • Kompetensi Pedagogic

Ini adalah kompetensi yang harus dimiliki guru untuk mengelola proses pembelajaran dari siswa dengan baik.

  • Kompetensi Kepribadian

Ini adalah kompetensi kepribadian yang baik, mempunyai akhlak yang mulia, menjadi teladan atau contoh untuk siswa, berwibawa, dan arif.

  • Kompetensi Sosial

Ini adalah kompetensi yang diperlukan guru untuk berinteraksi dan berkomunikasi secara efisien dan efektif kepada siswa, wali murid, masyarakat sekitar, dan guru lainnya.

  • Kompetensi Profesional

Ini adalah kompetensi untuk menguasai materi pelajaran dengan mendalam dan luas.

Dicari Guru Privat: Karakteristik Pengajar yang Baik

Berikut ini merupakan ciri-ciri yang ditemukan dalam guru atau pengajar yang baik:

  • Selalu mempunyai energi untuk mengajar siswa

Pengajar yang baik akan memberikan perhatikan kepada semua siswa dalam setiap diskusi atau percakapan dengan siswa tersebut. Pengajar yang baik memiliki kemampuan untuk mendengarkan dengan baik.

  • Memiliki tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran

Guru yang profesional akan menetapkan tujuan secara jelas untuk semua pelajaran yang diajarkan dan dapat bekerja untuk memenuhi tujuan dari tujuan tersebut di setiap kelas.

  • Memiliki keterampilan untuk mendisiplinkan siswa secara efektif

Pengajar yang baik mempunyai kemampuan untuk mendisiplinkan semua siswa secara efektif sehingga dapat mengubah perilaku menjadi positif.

  • Memiliki kemampuan manajemen kelas yang sangat baik

Pengajar yang baik mempunyai kemampuan manajemen kelas yang sangat baik dan mampu memastikan bahwa perilaku siswa tersebut menjadi baik, siswa dapat bekerja sama dan belajar dengan efektif, membiasakan rasa hormat untuk semua komponen yang ada di kelas.

  • Mampu berkomunikasi dengan orang tua murid secara baik

Pengajar yang baik dapat berkomunikasi secara terbuka dengan orang tua dan memberitahukan informasi terbaru tentang semua hal yang ada di dalam kelas mulai dari disiplin, kurikulum, dan isu lain yang sedang terjadi. Guru mampu membuat orang tua tersebut selalu bersedia untuk menghadiri rapat, menerima telepon, email, dan sebagainya.

  • Memiliki harapan yang sangat tinggi kepada siswa

Seorang pengajar yang baik pasti mempunyai harapan yang sangat tinggi untuk semua siswa di kelas dan mampu untuk mendorong siswa tersebut agar bisa bekerja dan mengeluarkan potensi yang paling baik.

  • Memiliki pengetahuan tentang semua kurikulum

Seorang pengajar yang baik mempunyai pengetahuan yang benar tentang kurikulum atau standar di sekolah tersebut. Guru akan berusaha untuk memastikan bahwa metode pembelajaran yang dilakukan sudah memenuhi kurikulum atau standar yang berlaku.

  •  Mempunyai pengetahuan tentang materi yang diajarkan

Ini pasti sudah jelas, namun masih diabaikan. Pengajar yang baik harus mempunyai pengetahuan dan antusiasme yang luar biasa untuk materi yang diajarkan. Guru harus selalu siap untuk menjawab semua pertanyaan dan menyimpan materi yang menarik bagi siswa. Guru juga mampu bekerja sama dengan studi lain untuk pembelajaran yang lebih baik.

  • Memberikan pengajaran yang terbaik bagi siswa

Pengajar yang baik mempunyai gairah untuk bekerja dan mengajar siswa. Guru akan gembira saat bisa mempengaruhi para siswa di dalam kehidupan dan memahami pengaruh atau dampak yang dimiliki dalam kehidupan siswa tersebut saat ini atau di masa depan.

  • Memiliki hubungan berkualitas dengan para siswa

Guru yang baik mampu mengembangkan hubungan yang saling menghormati dan kuat dengan siswa serta hubungan yang bisa dipercaya.

Cara Mencari Guru Privat Murah dan Profesional

Dicari Guru Privat Profesional: Tips Memilih Guru Privat yang Berkompeten 

Kegiatan untuk merekrut seorang guru privat untuk anak Anda bisa menjadi pekerjaan yang rumit karena ada ratusan lembaga privat dan Anda harus memilih yang tepat.  Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Pilih guru privat yang memahami dan mengetahui semua kode etik dan standar yang telah diterapkan.
  • Pilih guru yang memperoleh pelatihan dari lembaga resmi dan jika guru tersebut independen, maka guru tersebut juga harus pernah memperoleh pelatihan di lembaga terpercaya.
  • Pilih guru privat yang mempunyai tanggung jawab dan kemampuan yang unik untuk melakukan interaksi dengan anak Anda karena guru tidak hanya memberikan informasi namun mencapai tujuan atau hasil pembelajaran yang diperlukan.
  • Pilih tutor yang berpengalaman dan terlatih untuk mengajar siswa dan tidak hanya memberikan tugas akademik.

Anda dapat melihat iklan dicari guru privat di internet, namun sebaiknya Anda memilih guru privat yang ada di https://preply.com/id/ karena sudah terbukti guru privat tersebut sangat profesional. Meskipun metode pembelajaran tidak dilakukan di kelas secara langsung, melainkan melalui Skype, namun guru privat tersebut selalu dapat menjaga kode etik yang diterapkan.  Selain itu, justru dengan belajar di Skype ini, akan membuat anak Anda semakin tertarik untuk belajar materi yang Anda inginkan, misalnya bahasa asing karena di sekolah biasa anak Anda sudah belajar di kelas dan saat privat mungkin anak Anda memerlukan suasana baru untuk menyegarkan otak dan tidak bosan dengan pelajaran bahasa asing.

Anak Anda akan melakukan video call seperti biasa saat sedang menghubungi seorang teman atau saudaranya sehingga tidak ada rasa tegang atau canggung meskipun guru tersebut adalah native speaker yang merupakan orang asing dari negara lain. Justru anak Anda akan merasa tertarik dan selalu menunggu jadwal untuk les di Skype selanjutnya. Semakin lama cara ini akan mampu meningkatkan kemampuan anak Anda menulis atau berbicara bahasa asing karena saat belajar mereka merasa nyaman dan menyenangkan tanpa diganggu oleh suasana kelas yang terkadang ramai dan bahkan kurang memperoleh perhatian dari guru di kelas karena guru harus menjelaskan kepada siswa yang lain.



Advertisement
  • cara mencari guru profesional
Advertisement by Google

Cara Mencari Guru Privat Murah dan Profesional | admin | 4.5