Cara Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan

Sunday, November 27th, 2016 - Ekonomi

Advertisement

Buat anda yang ingin membuka usaha dagang, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mmebuat suratizin usaha perdagangan (SIUP). Surat izin ini harus anda miliki ketika ingin membuka ussaha skala besar atau skala kecil. Ini menunjukkan anda sebagai warga Negara yang baik. Surat izin ini dibagi menjadi tiga kategori. Ada SIUP kecil yang digunakan untuk usaha yang modalnya lebih kecil atau sama dari Rp 200 juta. Kedua ada SIUP menengah yang digunakan untuk perusahaan yang bermodal antara 200 juta sampai 500 juta dan terakhir ada SIUP besar yang modal perusahaanya diatas 500 juta rupiah. Lalu bagaimana cara membuat siup, berikut ini penjelasannya.

Syarat Pembuatan SIUP

Advertisement

Untuk membuat surat izin usaha perdagangan, anda harus mendatangi kantor dinas perdagangan di daerah anda. untuk bisa membuat siup ada beberapa dokumen yang harus anda siapkan. Semua syarat administrasi ini harus anda bawa ketika ke kantor dinas perdagangan setempat. Dokumen yang harus anda bawa antara lain fotokopi kartu keluarga, fotokopi KTP, surat keterangan domosili, fotokopi NPWP, fotokopi surat keputusan pengesahan badan hukum dari menteri hukum dan ham, fotokopi akta pendirian PT yang sudah disahkan oleh menteri hukum dan ham, izin prinsip, surat izin gangguan, neraca perusahaan. Materai seharga 6 ribu, pasfoto directur utama sebanyak 2 lembar dan izin teknis dari instansi terkait.

Untuk membuat koperasi, perusahaan perseorangan, atau perusahaan perseroan terbuka memiliki dokumen yang sama dengan membuat surat izin usaha untuk persero terbatas. Jika anda membuat usaha milik sendiri, anda juga harus menyediakan surat izin pemilik tanah atau bangunan tersebut. Setelah semua dokumen siap, anda langsung ke kantor dinas perdagangan. Disana anda langsung mengambil formulir pendaftaran. Isi formulir tersebut dengan lengkap dan jangan lupa beri tanda tangan bermateri. Gabungkan formulir tersebut dengan dokumen yang sudah anda persiapkan.

Cara Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan

Setelah itu anda harus membayar tarif pembuatan suratizin usaha perdagangan. Setiap daeah memiliki tarif yang berbeda-beda. Jadi anda bisa menanyakan ke petugas. Setelah itu anda bisa menunggu sekitar 2 minggu sampai surat izin anda selesai dibuat. Biasanya anda akan dihubungi langsung oleh petugas dari dinas perdagangan setempat. Kini anda sudah memiliki surat izin dari usaha yang akan anda buka.

Jika anda sudah memiliki surat izin usaha perdagangan, berarti usaha anda sudah terdaftar secara sah di dinas perdagangan. Hal ini membuat kelegalan usaha anda semakin terjamin. Jika terjadi suatu hal dengan usaha, anda bisa mengurus permasalahan tersebut dengan lebih mudah. Permasalah tersebut seperti izin lokasi dan bangunan, penamaan usaha dagang dan masih banyak lainnya. Jika anda belum memiliki izin usaha perdagangan, segeralah membuatnya di dinas perdagangan setempat. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Advertisement
  • membuat surat usaha dengan banyak anggota
Advertisement by Google

Cara Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan | admin | 4.5