Cara Membeli Saham di Indonesia Stock Exchange

Monday, January 23rd, 2017 - Ekonomi

Advertisement

Keuntungan adalah salah satu hal yang dikejar setiap orang. Mereka mengusahakan keuntungan dengan cara yang berbeda-beda. Sebagian memilih untuk mmebuka bisnis, sebagian lagi tertarik untuk bermain saham. Bermain saham merupakan istilah lain dari investasi saham. Bagi Anda yang mau membeli saham di Indonesia, otomatis Anda harus membelinya di Indonesia Stock Exchange atau dikenal juga dengan sebutan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Apabila Anda menemukan dan membaca artikel ini, maka dapat dipastikan bahwa Anda sedang ingin memulai investasi saham dan mencari informasi mengenai cara membeli saham tersebut. Baiklah, langsung saja simak baik-baik cara membeli saham di Indonesia Stock Exchange berikut ini.

Advertisement
  1. Buka Rekening Efek

Layaknya membuka rekening di sebuah bank, Anda juga harus membuka rekening efek sebelum dapat berinvestasi. Proses pembukaan rekening efek ini tidak terlalu sulit jika Anda pahami dengan baik. Pertama, Anda perlu menyiapkan sejumlah dokumen seperti fotokopi KTP, fotokopi NPWP (bagi yang tidak memiliki, lampirkan NPWP orang tua atau suami, fotokopi halaman depan buku tabungan, dan materai 6 ribu minimal 2 buah.

Hal yang perlu Anda pahami dengan baik di sini adalah segala transaksi di Indonesia Stock Exchange ini tidak bisa Anda lakukan sendiri melainkan hanya bisa Anda lakukan melalui broker (perantasa pedagang saham). Jadi pembukaan rekening ini dilakukan di perusahaan perantara perdagangan efek saham yang disebut juga dengan broker atau sekuritas.

  1. Tentukan Nominal Dana untuk Nabung Saham

Setelah membuka rekening, Anda hanya perlu menentukan nominal dana yang ingin Anda gunakan. Biasanya perusahaan sekuritas menentukan dana awal minimal yang harus Anda setorkan.Indonesia Stock Exchange

  1. Memilih Saham

Langkah selanjutnya ialah memilih saham yang akan Anda beli. Memilih saham ini adalah pekerjaan yang susah-susah gampang. Anda memerlukan analisa-analisa tentang kondisi perusahaan yang bersangkutan terlebih dahulu. Hal yang perlu Anda perhatikan seperti apakah perusahaan tersebut sehat, berkembang, meningkatkan keuntungannya, dan lain-lain. Anda pun harus menetukan waktu pembelian yang tepat dengan melihat grafik harga saham.

  1. Membeli saham

Langkah ke-4, Anda sudah bisa langsung membeli saham. Secara umum, ada dua cara pembelian saham ini yaitu melalui broker dan order pembelian saham secara online. Pertama, Anda bisa membeli saham melalui broker tempat Anda membuka rekening. Anda bisa order secara langsung atau via telpon saja. Cara kedua adalah dengan menggunakan trading saham online system yang juga disediakan broker dengan tujuan agar nasabahnya dapat memasukkan langsung order beli maupun jual saham.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membeli saham di Indonesia Stock Exchange yang tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang baru saja ingin memulai bermain saham. Semoga artikel ini dapat membantu.

Advertisement
Advertisement by Google

Cara Membeli Saham di Indonesia Stock Exchange | admin | 4.5