Cara Melahirkan Normal Di Dalam Air (Water Birth)

Thursday, December 15th, 2016 - Ibu & Anak

Advertisement

Cara melahirkan normal di dalam air (water birth). Proses melahirkan dahulu hanya ada dua cara, melahirkan dengan normal atau dengan jalan operasi caesar. Akan tetapi dewasa ini ada sebuah proses melahirkan yang dilirik oleh para bunda, yakni dengan jalan water birth atau melahirkan di dalam air. Proses melahirkan ini mulai populer pertama kali di Eropa, terutama di Rusia dan Prancis. Di Indonesia proses water birth ini baru santer ramai dibicarakan sekarang, padahal di Eropa proses ini sudah ada sejak tahun 1970-an. Tujuan melahirkan di dalam air in adalah memudahkan proses lahirinya bayi. Selain itu dapat mengurangi rasa sakit pada ibu. Seperi apa sebenarnya proses ini?Cara Melahirkan Normal Di Dalam Air

Proses melahirkan di dalam air sama saja dengan melahirkan secara normal, yang menjadi pembeda adalah tempatnya. Water birth ini biasanya dilakukan di dalam sebuah kolam yang cukup besar dan berbahan plastik. Dibagian bawah kolam berbentuk benjolan benjolan agar ibu tidak merosot ketika proses melahirkan berlangsung. Selain kolam plastik, cara melahirkan normal di dalam air ini juga perlu memperhatikan suhu air. Pastinya ada termometer untuk mengatur suhu agar selalu hangat sama seperti air ketuban. Pompa air juga akan menjadi fasilitas pendukung water birth ini, dengan begitu air akan selalu hangat dengan suhu sekitar 36 hingga 37 derajat Celcius.

Advertisement

Hal ini sangat penting karena jika bayi merasakan suhu yang berbeda dengan suhu di dalam perut, dapat menimbulkan resiko bayi mengalami hipotermia. Proses melahirkan normal di dalam air dari segi mengejan juga tidak berbeda dengan cara melahirkan normal pada umumnya. Namun jangan langsung takut ketika bayi tidak langsung menangis, sebab bayi akan berendam di dalam air terlebih dahulu sekitar 5 hingga 10 detik. Karena suhu air yang hangat seperti air ketuban membuat bayi merasa seperti masih di dalam perut.

Bagaimana ibu, apakah ibu mulai tertarik untuk melakukan proses cara melahirkan normal di dalam air ini? Selain akan memudahkan proses lahirnya bayi, water birth juga akan mengurangi rasa sakit yang dialami ibu, juga bisa menjadi cara melahirkan normal tanpa jahitan. Namun di Indonesia, biaya untuk proses water birth masih terhitung mahal.

Advertisement
  • proses wanita melahirkan dalam air
  • gambar lahir normal
  • proses memudahkan didalam
Advertisement by Google

Cara Melahirkan Normal Di Dalam Air (Water Birth) | admin | 4.5