Beda Colocation dan Dedicated

Thursday, August 25th, 2016 - Ekonomi, Technology

Advertisement

Apa beda colocation dan dedicated? Kebutuhan server sekarang ini memang dirasa semakin urgen. Baik dalam skala individu, institusi, atapun perusahaan. Karenanya persaingan pun didapati semakin ketat. Adapun co-location dan dedicated menjadi media penjunjang informasi yang banyak ditawarkan. Namun, apa beda keduanya?

 Penggunaan Space Data Server

Advertisement

Dedicated server direkomendasikan untuk perusahaan besar yang memerlukan space data server yang besar pula. Hal ini karena data dan tingkat kunjungan yang perlu disimpan cukup besar. Malah tidak jarang lebih besar dibanding kebutuhan server personal pada umumnya.

Baik dedicated ataupun co-location keduanya tampil unggul pada pengontrolan penuh pada server. Mulai dari pengontrolan panel, pemilihan sistem operasi, dan lainnya. Bedanya colocation server merupakan server yang disimpan atau dititipkan ke tempat lain yang aman. Tentunya yang sudah mempunyai standar dan keamanan penyimpanan server memadai. Keuntungan menyimpan di layanan ini yaitu dapat menghindari bermacam hal yang bisa saja mengganggu ekstensi data yang tersimpan di server karena arus tidak stabil atau internet yang kurang stabil.Empty Rack Nex

Perlu Tidaknya Menyewa Server Khusus

Dedicated server merupakan layanan yang dibeli dengan cara menyewa server khusus. Jadi tidak perlu dibagi dengan pengguna lainnya. Pada paket yang disewa sudah tertera bandwith dan fitur pilihan yang akan disewa. Sedangkan colocation server mengharuskan pengguna untuk membeli sendiri. Kebutuhan setting dan install pun mandiri. Sehingga perlu menggunakan jasa teknisi ahli dalam pemeliharaan server. Hanya saja ada jaminan mutu. Pasalnya pihak perusahaan besar tentu tidak ingin mempertaruhkan bisnis perusahaan dengan memilih kualitas rendah. Ringkasnya dalam sistem co-location pengguna membeli sendiri servernya lalu dikirim ke data senter guna difungsikan sebagai server. Sementara pada dedicated server pengguna cukup membawa sewa, koneksi internet, dan dukungan dari penyedia hosting.

Bagi Anda yang memiliki perusahaan besar dengan dana cukup, co-location server memang lebih direkomendasikan. Karena layanan tersebut dapat menopang kebutuhan perusahaan. Meski di awal harus sedia dana cukup besar, namun sebenarnya lebih ekonomis mengingat adanya keuntungan yang bisa diperoleh dari colocation server.

Sumber  :  Nexdatacenter.com Colocation Server dan Data Center Indonesia

Advertisement
Advertisement by Google

Beda Colocation dan Dedicated | admin | 4.5
shares