Beberapa Kelengkapan Dalam Perizinan Usaha

Sunday, December 25th, 2016 - Ekonomi

Advertisement

Jika anda hendak membuka sebuah usaha yang baru, salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah mengenai izin dari usaha tersebut. Memiliki usaha memang menjadi salah satu hal yang menyenangkan karena kita dapat bekerja tanpa terkendala waktu. Akan tetapi, memiliki usaha tanpa perizinan yang jelas justru akan membuat anda bermasalah. Nah, oleh karena itu, anda harus mengurus perizinan usaha anda agar usaha anda menjadi lebih lancar. Lalu, apa saja kelengkapan yang harus disiapkan untuk mengurus perizinan tersebut? Simak beberapa penjelasan dibawah ini. Semoga dapat membantu.

Surat keterangan domisili usaha

Advertisement

Salah satu kelengkapan yang harus anda lengkapi saat hendak mengurus perizinan usaha adalah menyiapkan surat keterangan domisili usaha atau SKDU. Ini adalah salah satu kelengkapan yang sangat penting untuk diperhatikan demi legalitas usaha yang anda dirikan. Dalam hal ini, SKDU di keluarkan oleh instansi terkait seperti kelurahan dan kecamatan. Anda perlu tahu bahwa SKDU ini sangat penting untuk di urus karena merupakan syarat untuk membuat berbagai macam dokumen lain, seperti SIUP, TDP, NPWP dan beberapa dokumen yang lainnya.

Nomor pokok wajib pajak

Selain SKDU, kelengkapan lain yang harus anda lengkapi saat hendak mengurus perizinan usaha adalah nomor pokok wajib pajak atau NPWP. Ini adalah salah satu dokumen penting yang harus dipenuhi terkait urusan administrasi dari usaha yang sedang anda bangun. Nah, tujuan di adakannya NPWP ini adalah untuk menjaga ketertiban dalam pembayaran serta pengawasan pajak dari kantor administrasi perpajakan. Sebagaimana kita tahu, pendapatann negeri ini mayoritas di ambil dari pajak setiap usaha yang ada.Kelengkapan Dalam Perizinan Usaha

Izin usaha dagang

Hal lain yang juga harus anda persiapkan disini adalah izin usaha dagang atau UD. Izin ini wajib untuk dimiliki sebagai salah satu legalitas dari usaha yang sedang anda lakukan. Dengan izin ini, usaha yang sedang anda lakukan dapat berkembang dengan lebih baik dan juga tidak mendapatkan intimidasi dari berbagai pihak. Izin usaha dagang atau UD ini biasanya diperoleh dengan cara mengajukan permohonan izin kepada dinas terkait, yakni kantor wilayah departemen perindustrian dan perdagangan di wilayah anda. Nah, untuk mengurus perizinan usaha, anda harus mempunyai dokumen ini.

Surat izin tempat usaha

Selain beberapa dokumen diatas, dalam perizinan usaha, anda juga perlu mempunyai surat izin tempat usaha atau SITU. Surat ini cukup penting untuk dimiliki dengan tujuan bahwa usaha yang anda bangun sudah sesuai dengan tata letak yang sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat. Biasanya, SITU ini tidak berlaku selamanya tetapi hanya berlaku 3 tahun dan harus senantiasa diperbaharui untuk izin tempat usaha yang baru.

Advertisement
  • kelengkapan perijinan usaha
  • Manfaat SKDU
Advertisement by Google

Beberapa Kelengkapan Dalam Perizinan Usaha | admin | 4.5
shares