Bagaimana Cara Memilih Sabun Bayi yang Tepat?

Buah hati yang baru saja dilahirkan sudah sampai di rumah? Sebagai orang tua baru, kamu pasti lega dan senang luar biasa. Hidup baru dimulai! Sekarang, saatnya mengakrabkan diri dengan peralatan mandi si kecil.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu, kamu mungkin sudah membeli peralatan ini, termasuk sabun bayi anti iritasi. Ya, pilih yang anti iritasi. Kulit bayi memang sensitif, bukan? Maka, saat belanja sabun bayi, pastikan pilih yang mengandung bahan-bahan yang aman, tidak menimbulkan masalah kulit.

Apabila ingin sabun yang lebih higienis, pilih sabun cair. Sabun cair dikemas dalam botol, sehingga kamu hanya menyentuh bagian sabun yang dituang saja. Sisanya, tetap tersimpan baik dalam botol. Berbeda dengan sabun batang yang rawan terjatuh ke lantai, tercemar kuman dan mudah berubah bentuk menjadi lembek. Wangi sabun cair pun lebih kuat dan tahan lama dibanding sabun bayi batang. Hanya saja, beberapa kabar menyebutkan bahwa efek wangi yang tahan lama disebabkan oleh penggunaan bahan kimia berkadar tinggi. Ini patut dipertimbangkan. Bila kamu tetap bersikukuh ingin menggunakan sabun cair, pilih sabun yang wanginya lembut dan tanpa pewarna. Menghindari penggunaan banyak bahan kimia dalam produk yang dibutuhkan untuk merawat bayi tentu saja lebih disarankan.

Akan lebih baik bila kamu bisa dapatkan sabun bayi dengan wangi alami. Wangi yang terlalu kuat konon bisa tidak disukai bayi. Mereka tidak akan sungkan untuk menangis keras jika tidak suka dengan aroma sabun bayi yang kuat.

Hindari Sabun Bayi yang Hasilkan Terlalu Banyak Buih

Buih sabun memang membuat mandi jadi lebih menyenangkan. Namun sayangnya, buih sabun yang banyak itu justru membuat kulit bayi menjadi kering. Buih itu juga pertanda bahwa sabun tersebut mengandung bahan kimia yang lebih tinggi.

Analisis Bahan-bahan yang Terkandung pada Sabun

Untuk memastikan kamu memilih sabun bayi anti iritasi yang tepat, perhatikan kandungan yang ada pada sabun. Yakinkan sabun tersebut tidak mengandung bahan yang memicu alergi, tidak beracun, tidak mengandung alkohol, glycol, propylene dan bahan kimia lain. Lebih baik pilih sabun bayi alami yang terbuat dari bahan-bahan seperti susu, cocoa butter, madu, dan olive oil.