7 Faktor yang Membuat Harga Saham Mayora Meningkat

Belum lama ini, emiten produsen makanan dan minuman PT. Mayora Indah Tbk (MYOR) memutuskan untuk membagikan dividen kepada para pemegang sahamnya sebesar Rp603 miliar atau 27% per unit saham dari total laba bersih yang didapat Rp1,63 triliun. Anda pasti bertanya apa saja yang membuat harga saham Mayora meningkat? Inilah penyebabnya.

  1. Meningkatnya Produkivitas

Mengatasi masalah yang ada pada tahun sebelumnya. Setelah dievaluasi, salah satu masalah yang dihadapi adalah kurangnya produktivitas. Beberapa sektor yang kurang produktif langsung diperbaiki dan hasilnya tahun ini produktivitas meningkat sehingga membuat harga saham Mayora meningkat juga.

  1. Tingkat Suku Bunga

Tingkat bunga dapat mempengaruhi saham. Ia Memiliki pengaruh atau dampak pada persaingan dalam pasar modal antara saham dengan obligasi, apabila suku bunga naik maka investor akan menjual sahamnya dan ditukarkan dengan obligasi. Hal ini akan menyebabkan suku bunga menjadi turun, begitupun sebaliknya juga akan terjadi jika tingkat bunga menurun.

Suku bunga juga dapat mempengaruhi laba suatu perusahaan, hal ini disebabkan karena bunga adalah suatu biaya. Jika semakin tinggi suatu suku bunga maka akan semakin rendah laba perusahaan tersebut. Selain itu, suku bunga juga dapat mempengaruhi kegiatan perekonomian yang dapat mempengaruhi laba perusahaan atau badan usaha.

  1. Fluktuasi Kurs Rupiah

Tinggi maupun rendahnya kurs rupiah terhadap mata uang asing merupakan salah satu faktor yang menyebabkan naik turunnya harga saham di perusahaan atau perseroan terbatas.  Fluktuasi tersebut berdampak positif ataupun negatif bagi perusahaan tertentu. Terutama bagi perusahaan yang memiliki beban utang mata uang asing.

Perusahaan yang memiliki beban utang mata uang asing atau perusahaan importir akan sangat dirugikan akibat melemahnya kurs tersebut. hal ini akan menyebabkan meningkatnya biaya operasional dan mengakibatkan harga saham yang ditawarkan akan menurun.

  1. Harga Komoditas Lebih Tinggi

Harga komoditas menjadi faktor meningkatnya laba saham Mayora. Walaupun fluktuatif namun grafiknya cenderung mengalami peningkatan. Semakin tinggi harga komoditas semakin besar kepercayaan investor untuk investasi saham Mayora, sehingga harga saham akan naik.

  1. Penjualan Makanan Olahan Meningkat

Daya konsumsi masyarakat terhadap produk Mayora sangat tinggi. Hal ini terbukti banyaknya permintaan dari masyarakat terhadap produk Mayora. Kabar baiknya Mayora akan ekspansi pabrik dalam bentuk perluasan fasilitas produksi dan dalam bentuk penambahan kapasitas produksi.

  1. Kondisi Fundamental Ekonomi Mikro

Kondisi fundamental ekonomi mikro mempunyai dampak bagi naik turunnya harga saham di suatu perusahaan. Naik atau turunnya suku bunga yang disebabkan oleh Bank Sentral Amerika seperti tingkat inflasi termasuk salah satu faktor ekonomi makro, naik atau turunnya nilai ekspor impor dan suku bunga acuan Bank Indonesia yang berakibat pada nilai tukar rupiah pada dolar AS. Sampai dengan pengangguran yang tinggi disebabkan oleh goncangan politik dan faktor keamanan yang berpengaruh langsung terhadap naik turunnya harga saham suatu perusahaan.

  1. Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi harga saham meskipun kebijakan tersebut belum teralisasi atau dalam tahap wacana. Contoh kebijakan pemerintah yang dapat mempengaruhi harga saham adalah kebijakan perseroan, kebijakan utang, kebijakan ekspor impor, dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel di atas yang membahas mengenai penyebab meningkatnya harga saham. Semoga menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda jika berminat investasi saham Mayora. Selamat berinvestasi!