6 Manfaat Mewarnai bagi Anak PAUD

Sunday, June 11th, 2017 - Ibu & Anak

Advertisement

Jenjang pendidikan awal seperti PAUD merupakan upaya yang tepat untuk membantu mengembangkan kecerdasan dan psikologi anak. Kegiatan-kegiatan untuk anak PAUD pun telah dirancang sedemikian rupa sehingga kegiatan bermain mereka sebenarnya adalah sebuah pembelajaran.

Mewarnai merupakan salah satu contoh kegiatan yang terkesan sepele namun ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi anak. Apa saja sih manfaat tersebut? Langsung saja simak 6 manfaat mewarnai bagi anak PAUD di bawah ini.

Advertisement
  1. Membantu Anak dalam Mengenal Warna

Anda pasti sudah tahu bahwa salah satu hal yang diajarkan di PAUD adalah mengenal warna. Nah, anak secara tidak sadar pasti akan belajar tentang warna melalui kegiatan mewarnai ini. Anak tidak hanya mengenal jenis warna, tetapi juga fungsi dan kapan warna itu harus digunakan.

  1. Melatih Kelenturan Anak Menggenggam Pensil

Anda pasti masih ingat dong bagaimana susahnya dulu ketika Anda belajar memegang pensil dengan natural. Nah, kegiatan mewarnai gambar pun secara tidak langsung akan melatih kelenturan anak PAUD dalam menggenggam pensil. Orang dewasa juga harus memperhatikan selalu cara memegang pensilnya. Ajarkan mereka memegang pensil yang benar secara perlahan.

  1. Melatih Kreatifitas dan Imajinasi Anak

Anak-anak sebenarnya merupakan tahapan yang paling kreatif dan penuh dengan imajinasi. Kreatifitas dan imajinasi anak ini tentu harus dilatih dan dipancing semaksimal mungkin. Kegiatan mewarnai merupakan salah satu kegiatan untuk melatih imajinasi dan kreatifitas anak. Biarkanlah mereka memilih warna mereka sendiri.

  1. Meringankan Stress Anak

Walaupun terkesan selalu periang, tidak menutup kemungkinan bahwa anak mengalami stress untuk alasan-alasan yang orang tua kadang tidak pahami. Mewarnai ternyata dapat meringankan stress pada anak karena warna itu sendiri merupakan media terapi. Anda juga bisa melihat kepribadian anak dari warna yang ia pilih dan cara mewarnainya.

Manfaat Mewarnai bagi Anak PAUD

  1. Melatih Kesabaran Si Anak

Mewarnai memang terkesan sangat sederhana bagi kita, tetapi tidak bagi anak-anak. Pada tahap awal belajar mewarnai, hal ini pasti akan terasa menantang bagi mereka. Nah, dari sinilah kesabaran anak itu dilatih. Mereka secara tidak langsung akan belajar bahwa menghasilkan sesuatu yang bagus itu bukanlah hal yang mudah.

  1. Mengasah Sistem Motorik Anak

Mewarnai merupakan kegiatan yang dilakukan secara fisik. Oleh karena itu mewarnai dapat mengasah sistem motorik anak dengan baik. Sistem motorik yang diasah di sini adalah otot-otot tangan anak. Dengan sering mewarnai, anak akan lebih mudah dalam menggunakan tangannya untuk kegiatan yang lainnya.

Demikianlah informasi mengenai 6 manfaat mewarnai bagi anak PAUD. So, orang dewasa sudah seharusnya membimbing anak agar seiring waktu bisa maksimal dalam mewarnai. Jangan lupa juga untuk memaksimalkan manfaat mewarnai di atas dengan dukungan dan arahan dari Anda.

Advertisement
Advertisement by Google

6 Manfaat Mewarnai bagi Anak PAUD | admin | 4.5
shares