6 Cara Jitu Mengembangkan Potensi Anak

Monday, June 12th, 2017 - Ibu & Anak

Advertisement

Hallo para orang tua! Memiliki anak memang sebuah anugerah terbesar yang diberikan Tuhan. Seperti kodratnya, anak merupakan titipan yang harus kita bimbing dan didik agar menjadi orang yang berguna baik untuk agamanya, keluarganya maupun orang lain. Setiap anak dititipi potensi masing-masing yang mana potensi itu tidak bisa maksimal tanpa dukungan dari orang dewasa.

Anak kadang tersesat, tidak menyadari potensinya atau malah mengubur bakatnya dalam-dalam jika tidak mendapatkan arahan dari orang tua. Oleh karena itu, orang tua sudah seharusnya berpartisipasi penuh dalam mengembangkan potensi alami anak tersebut. Bingung bagaimana caranya? Coba simak ulasan di bawah ini.

Advertisement
  1. Beri Nutrisi yang Tepat

Tidak bisa dipungkiri bahwa anak-anak membutuhkan banyak sekali nutrisi, gizi dan lain sebagainya untuk membantu perkembangan otak serta kesehatannya. Inilah hal pertama yang sering diabaikan oleh orang tua. So, mulai sekarang Anda harus lebih memperhatikan asupan gizi anak terutama dari susu yang dikonsumsinya.

Sebaiknya Anda memilih produk susu Frisian Flag Karya. Mengapa harus Frasian Flag Karya? Produk ini dirasa paling pas karena produk ini bertujuan khusus untuk mendukung anak di usia kreatifnya dimana ia akan lebih aktif berkarya dan bereksperimen.

  1. Jangan Pernah Mengatakan Kata “Mustahil”

Anak-anak cenderung bersifat polos. Apa yang ia dengar dapat langsung diingatnya dengan baik dan dipercayainya. Anak-anak pun memiliki daya imajinasi yang tinggi yang terkadang tidak dipahami oleh orang dewasa. Jika cita-cita anak Anda terkesan aneh bagi Anda atau malah Anda anggap berlebihan, jangan pernah ucapkan kata mustahil. Sebaliknya, Anda harus membuatnya terus berpikir bahwa mimpinya dapat menjadi nyata.

  1. Sadari Bahwa Anak Anda Tidak Harus Sama dengan Anak Lainnya

Orang tua kadang terlalu membandingkan anak mereka dengan anak orang lain. Saat anak tetangga mendapatkan nilai bagus di matematika, Anda cenderung akan mendorong anak habis-habisan untuk dapat nilai yang setara dengan anak tetangga tersebut.

Hal ini tentu keliru. Anak Anda pasti memiliki potensi lain. Mungkin matematika bukanlah potensinya. Coba ayah bunda lihat dulu nilai keseniannya dan nilai lainnya. Anak Anda spesial dan ia bisa sukses dengan potensinya sendiri.

Frisian Flag Susu Kental Manis

  1. Motivasi dan Dukung Ia

Tidak ada orang yang bisa lebih memotivasi anak selain Anda, orang tuanya. Berikanlah anak Anda motivasi-motivasi sederhana yang bisa Anda titipkan dalam sebuah dongeng pengantar tidur dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk mendukung potensinya. Arahkanlah anak Anda agar ia lebih dekat dengan hal-hal yang berhubungan dengan potensinya.

  1. Beri Ia Kesempatan untuk Membuat Keputusan

Poin ke-5 ini mungkin terkesan agak berlebihan untuk sebagian besar orang tua. Namun percayalah bahwa pelajaran membuat keputusan ini sangat ampuh dalam mendidik anak. Hal ini juga berhubugan dengan pengembangan potensi anak.

Namun, orang tua juga harus memandu dan memberikan arahan kepada anak mengenai mana yang baik dan mana yang lebih banyak sisi negatifnya. Intinya, bernegosiasilah dengannya. Jangan sampai ia melakukan sesuatu hanya karena Anda yang mau.

Itulah 5 cara jitu yang bisa Anda terapkan untuk mengembangkan potensi anak Anda. Dimulai dari memberi motivasi, menjaga kata-kata di depan anak sampai dengan membiasakan bernegosiasi dengan anak. Jangan lupa juga untuk menyediakan susu Frisian Flag Karya demi menyempurnakan pengembangan potensinya. Semoga bermanfaat dan thanks for reading.

Advertisement
Advertisement by Google

6 Cara Jitu Mengembangkan Potensi Anak | admin | 4.5
shares