5 Tips Menjaga Diri dari Kuman yang Bersembunyi di Dalam Pesawat Udara

Monday, November 28th, 2016 - Lifestyle

Advertisement

Pesawat terbang ternyata menyimpan banyak kuman dan bakteri tersembunyi, jadi penumpang pesawat terbang harus berhadapan dengan bakteri-bakteri yang jumlahnya lebih banyak dari pada yang dihadapi oleh pekerja kantoran, selama penerbanganya. Setidaknya itulah hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Massachussetts Amherst.

Fakta ini menjelaskan mengapa banyak penumpang rentan terkena penyakit flu setelah melakukan penerbangan udara, apalagi jika kondisi penumpang sedang kurang sehat. Pasalnya, ruangan pesawat udara kedap tertutup sehingga virus atau bakteri yang terbawa dari luar akan berputar-putar di dalam ruangan, dan mudah terhirup oleh para penumpang.

Advertisement

Lalu bagaimana cara meminimalisir kemungkinan Anda tertular virus saat mengudara? Tips berikut ini mampu menolong Anda untuk menghindarinya.

1.   Minum Banyak Air Mineral

Minumlah air putih untuk menjaga kondisi tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Sebab terpaan AC dalam pesawat udara bisa membuat cairan tubuh menguap dan kering. Lebih-lebih kalau Anda melakukan penerbangan yang cukup lama, rajin-rajinlah meneguk air mineral setiap selang beberapa menit.

2.   Rajin Cuci Tangan Pakai Sabun

Bersihkan tangan Anda setiap kali bersentuhan dengan benda-benda di dalam pesawat, untuk menghindari pennyebaran bakteri dan kuman. Benda-benda dalam pesawat yang menjadi tempat bernaungnya bakteri antara lain, meja lipat, toilet, jendela, sandaran kepala, sabuk pengaman, majalah yang jarang diganti, selimut, bantal, dan barang-barang umum lainnya yang sering disentuh oleh penumpang. Anda bisa sediakan hand sanitizer atau tissyu basah beralkohol kalau tidak ingin bolak-balik cuci tangan ke toilet.

3.   Minum Vitamin Sebelum Terbang

Pilih vitamin yang menjaga kekebalan tubuh Anda dan minumlah setiap kali akan naik pesawat, atau Anda bisa minum rutin sejak beberapa hari sebelum penerbangan jika akan terbang jarak jauh. Hal ini cukup ampuh untuk membentengi tubuh Anda dari serangan bakteri dan virus selama melakukan penerbangan. Selain itu, Anda juga jadi tidak mudah jatuh sakit saat menjelang penerbangan. Boleh juga terus dikonsumsi untuk selama liburan Anda.

Tips Menjaga Diri dari Kuman yang Bersembunyi di Dalam Pesawat Udara

4.   Gunakan Masker Pelindung

Jika Anda ingin lebih aman dan higenis, atau kalau Anda sedang dalam kondisi tidak fit, lebih baik memakai masker agar tidak tertular virus dari udara. Ada banyak pilihan masker yang lucu-lucu bisa Anda temukan di toko-toko kesehatan, jadi Anda bisa tetap tampil fashionable saat naik pesawat.

5.   Hindari Kontak yang Tidak Perlu

Lebih baik Anda tidak sering-sering menyentuh barang-barang yang rentan kuman di dalam pesawat, untuk meminimalkan penyebarannya, malah kalau bisa Anda tidak menyentuhnya sama sekali bila tidak perlu.

Anda tidak perlu kuatir tertular penyakit ketika harus terbang dalam kondisi badan yang kurang fit, selama mampu menjaga diri dari penyebaran kuman dalam pesawat. Anda bisa beli tiket pesawat online, untuk mendapatkan tiket murah menuju destinasi liburan Anda. Jangan lupa memasukan hand sanitizer dan masker ke dalam tas pergi Anda saat berangkat naik pesawat.

Save flight, from virus!

Advertisement
  • bakteri bersembunyi di
5 Tips Menjaga Diri dari Kuman yang Bersembunyi di Dalam Pesawat Udara | admin | 4.5