5 Keindahan Curug Tersembunyi di Bogor

Thursday, June 1st, 2017 - Traveling

Advertisement

Jangan heran kalau Bogor disebut dengan nama Kota Hujan. Kenapa? Karena curah hujan di Bogor memang relatif lebih tinggi jika kita bandingkan dengan kota-kota lain di sekitarnya.

Selain itu, Bogor juga terkenal akan wisata alam dan juga peninggalan sejarahnya. Wilayah kota ini yang cenderung masih asri kerap menjadikannya tempat pelarian favorit masyarakat yang berasal dari kota sekitarnya.

Advertisement

Nah, bicara soal wisata alam di kota Bogor, bagi kamu yang sering bolak-balik melewati wilayah Bogor pasti sudah tidak asing lagi dengan pemandangan Gunung Salak yang menjulang tinggi.

5 Keindahan Curug Tersembunyi di Bogor

Foto: shutterstock

Kamu harus tau kalau di balik tingginya Gunung Salak yang berdiri, ada berbagai keindahan tersembunyi. Ya, apalagi kalau bukan air terjun atau yang juga dikenal dengan sebutan curug.

Banyak yang bilang juga kalau Bogor adalah surganya air terjun karena kita akan mudah sekali menemukan banyak jenis curug di kota ini. Bukan cuma untuk tujuan wisata lho, air terjun yang tersebar di berbagai penjuru kota Bogor banyak juga yang dijadikan sumber mata air untuk keperluan rumah tangga.

Kamu berencana wisata ke Bogor? Atau mau menjadikan Bogor sebagai tempat singgah sementara untuk kemudian berwisata ke kota lain? Baiknya setelah beli tiket untuk ke kota berikutnya, kamu segera cari hotel murah di Bogor di Reservasi.com.

Kan tadi sudah dijelaskan betapa banyaknya curug yang ada di Kota Hujan. Sekarang kita bahas yuk curug yang tersembunyi yang wajib kita kunjungi.

  1. Curug Daun

Untuk menuju Curug Daun, kamu harus menyiapkan tenaga ekstra. Kenapa? Karena terletak di Kawasan Taman Nasional Halimun Salak dan harus berjalan menanjak untuk mencapainya. Ketinggian air yang dimiliki Curug Daun tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan curug lain di sekitar kawasan tersebut.

Bila diukur, ketinggiannya kira-kira hanya sekitar 6 meter saja. Tapi, itu tidak berarti debit air yang dialirkan Curug Daun sedikit. Meski hanya setinggi itu, Curug Daun tetap memiliki aliran yang cukup deras. Jadi, tetap berhati-hati saat bermain di sekitarnya, ya.

Asal muasal nama Curug Daun adalah dikarenakan curug ini memiliki bentuk yang menyerupai daun. Konon, curug ini juga menyimpan cerita mistis di dalamnya.

Menurut kepercayaan sebagian orang, jika berendam di curug ini dipercaya akan mendapatan keberuntungan. Jadi, jangan heran kalau kamu melihat sebagian orang yang sengaja datang ke Curug Daun untuk tujuan seperti itu.

Nah, tak jauh dari situ ada dua kolam besar yang bernama Leuwi Anjangan dan Leuwi Jurig. Kedua kolam tersebut juga konon juga memiliki cerita mistis di dalamnya.

Terlepas dari cerita yang ada di baliknya, lansekap di sekitar Curug Daun masih sangat asri dan benar-benar dijaga kelestariannya oleh warga sekitar.

  1. Curug Nangka

Saat sampai di Curug Nangka yang terbesit di pikiran kamu adalah keindahan hutan di sekitarnya yang masih begitu asri dan sejuk.

Curug Nangka ada di ketinggian 750 meter di atas permukaan laut dan masih dalam satu kawasan Curug Daun. Hanya saja, Curug Nangka berada di bawahnya. Tidak heran kalau curug tersebut masih sangat terjaga keasriannya karena wilayahnya berada di bawah naungan RPH Gunung Bunder.

Untuk sampai ke wilayah Curug Nangka dan juga Curug Daun, kami bisa naik angkutan umum atau angkot yang menuju arah Ciapus. Lalu tinggal berhenti tepat di pertigaan sebelum pintu masuk curug. Dari situ kamu bisa jalan kaki sekitar 500 meter untuk sampai di curug.

  1. Curug Ngumpet

Seperti namanya, Curug Ngumpet memang disebut demikian karena letaknya yang cukup tersembunyi. Curug ini terletak di dalam pelosok hutan dan juga di balik lembah.

Tapi, itu tidak berarti kita akan sulit untuk mencapai ke situ. Dari lapangan tempat parkir sampai ke air terjun jaraknya hanya sekitar 200 meter.

Curug Ngumpet ini memiliki tinggi hingga 45 meter dengan debit air yang deras. Pokoknya kalau kamu ingin sekedar melepas penat ataupun ingin lari dari kesibukan ibukota, kamu tinggal datang ke sini.

  1. Curug Kawung

Bisa menebak bagaimana asal usulnya air terjun ini diberi nama Curug Kawung? Nama itu diambil karena suara air yang terjun dengan derasnya hingga menghasilkan suara gaung. Bahkan jika didengarkan lebih serius lagi, suara itu akan terdengar seperti suara suara harimau yang sedang mengaum. Makanya diambil lah nama Curug Kawung.

  1. Curug Seribu

Curug yang satu ini masih berada di wilayah yang sama. Curug Seribu lokasinya masih di dalam satu kawasan dengan Curug Ngumpet, yaitu sama-sama di dalam kawasan Gunung Salak Endah.

Dibandingkan dengan curug-curug lainnya di Bogor, Curug Seribu memiliki medan yang terjal dan sangat licin. Saat ke sini, pastikan kamu memiliki tenaga dan persiapan ekstra. Dan bagi yang belum berpengalaman, tenang saja, karena ada instruktur berpengalaman yang memandu hingga sampai ke curug.

Tapi, semua lelah dalam perjalanan tersebut akan sangat terbayar dengan keindahan yang diberikan Curug Seribu. Ketinggian air terjun ini mencapai 100 meter, bisa terbayang kan indahnya seperti apa.

Advertisement
  • leuwi anjangan
Advertisement by Google

5 Keindahan Curug Tersembunyi di Bogor | admin | 4.5