5 Cara Mudah Membuat Kopi ala Kafe untuk Diet di Rumah

Sunday, September 17th, 2017 - Lifestyle

Advertisement

Kopi, minuman yang terasa pahit getir jika tidak ditambahkan gula ini sudah ada sejak dulu. Digemari pria maupun wanita dari berbagai kalangan dan usia. Bahkan karena banyaknya coffee addict, menginspirasi munculnya buku dan film dengan judul yang sama, Filosofi Kopi. Bagi penikmat, tak ada salahnya mencoba belajar cara membuat kopi. Terutama dari biji kopi hijau yang kini popular karena mampu meluruhkan lemak dalam waktu singkat.

Kopi mengalami perkembangan inovasi dalam pembuatannya. Dari kopi hitam biasa, kopi susu, kopi jahe, hingga aneka minuman kopi khas luar negeri seperti cappuccino. Meski mengandung kafein yang kurang baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan, kopi tetap menjadi minuman hangat favorit selain teh dan cokelat. Untuk kamu yang ingin diet, intip cara membuat kopi ala kafe yang bisa dibuat di rumah berikut ini.

Advertisement
  • Pourover (Menggiling dan Menyaring)

Metode ini melibatkan proses menggiling biji kopi sendiri, lalu menggunakan drip filtration sebagai mesin tetes otomatis standar atau metode pourover manual. Bubuk kopi disimpan dalam kertas filter kemudian dituang air panas secara perlahan di batas kopi hingga menetes perlahan. Meskipun menghasilkan rasa paling kompleks, jenis biji kopi, alat, dan suhu air turut mempengaruhi rasanya.Cara Membuat Kopi Ala Cafe

  • Steeping atau Immersion (Seduh atau Celup)

Cara membuat kopi ini menggunakan metode seduh atau celup. Bubuk kopi direndam dalam air panas atau air dingin secara konstan dalam beberapa lama, sehingga rasa dari bubuk kopi akan menguar dan meresap ke dalam air. Metode ini diterapkan dalam pembuatan kopi teknik Aero Press, Toddy Cold Brew, dan French Press.

  • Pressurized Infussion (Tekanan)

Cara membuat kopi Italia dengan menggunakan tekanan ini dikenal pula dengan sebutan teknik espresso. Mesin espresso memadukan air dengan bubuk kopi bertekstur halus dan padat, lalu dilakukan proses pressing. Proses ini akan mengeluarkan ekstrasi kopi yang bisa disajikan secara langsung ataupun diolah kembali menjadi menu minuman kopi campuran lainnya.

  • Decoction Method (Rebusan)

Cara membuat kopi khas Turki ini dikenal dengan sebutan kopi cowboy. Teknik ini menggunakan alat yang disebut ibrik sebagai alat pembuat kopi. Rasa yang dihasilkan dari metode rebusan ini sangat kuat dan pahit. Caranya dengan merebus bubuk kopi dengan air mendidih dalam satu wadah hingga menciptakan ekstrak kopi di atasnya.

  • Percolation Method (Perkolasi)

Metode ekstraksi kopi dengan cara percolation (perkolasi) ini dikenal juga dengan sebutan cara menyeduh kopi dengan moka. Kopi halus hasil tumbukan ditempatkan di atas wadah berisi air mendidih. Uap air yang melewati bubuk kopi menjadikannya ekstrak kopi yang menetes ke bawah. Contoh alat pembuat kopi yang menggunakan metode percolation ini adalah Stovetop Coffee Maker dan Moka Pots.

Itu dia 5 cara mudah membuat kopi ala kafe untuk diet di rumah. Dijamin aman, sehat, dan pas di lidah. Tapi perlu diperhatikan batas maksimal konsumsi kafein manusia yaitu 400 gram perhari. Selain itu, harus diimbangi dengan air putih agar tubuh sehat, kolesterol terkendali, target diet pun terpenuhi. Nah, mulai tertarik untuk membuat kopi diet ala kafe di rumah, bukan?

 

Advertisement
Advertisement by Google

5 Cara Mudah Membuat Kopi ala Kafe untuk Diet di Rumah | admin | 4.5
shares