4 Trik Aman Membeli Rumah Sitaan Dengan Harga Miring

Monday, April 17th, 2017 - Property

Advertisement

Tidak semua orang memiliki keberuntungan untuk bisa membeli rumah dengan harga jual yang rendah atau lebih ringan dari harga properti yang ada di pasaran. Tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan rumah sitaan untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Biaya murah yang ditawarkan oleh pihak bank terkait rumah yang mereka sita menjadi keuntungan tersendiri bagi masyarakat yang memiliki budget rendah untuk melakukan proses jual beli rumah yang mereka butuhkan.

Rumah sitaan yang tidak laku dijual di balai lelang oleh pihak bank akan disimpan dalam daftar stok sebagai REO atau Real Estate Owned, nah pada saat inilah kamu bisa menerima kesempatan untuk melakukan proses jual beli rumah dengan nilai yang cukup ringan. Kamu bisa dengan mudah menemukan rumah REO di agen properti atau agen jual beli rumah atau pun di website resmi lembaga keuangan atau bank tersebut. Umumnya bank akan bekerja sama dengan pihak agen properti untuk menawarkan rumah sitaan yang tidak laku tersebut agar lekas laku dan pihak bank terbebas dari beban rumah sitaan tersebut.

Advertisement

Namun sayangnya tidak jarang masyarakat yang justru mendapatkan masalah ketika membeli rumah REO ini. Mengapa demikian, hal ini bisa terjadi karena pihak pembeli tidak teliti memeriksa setiap dokumen dan proses jual beli rumah yang dilalui. Untuk mengatasi masalah – masalah seperti itu saat membeli rumah REO ada baiknya bila kamu perhatikan bbeberapa langkah dan panduan beriku ini.

Pilih Rumah Yang Berkualitas

Teliti dan jeli ketika menentukan pilihan rumah REO yang akan kamu beli merupakan sebuah keharusan yang musti kamu lakukan. Ketika kamu jeli, kamu memiliki kemungkinan yang cukup besar untuk mendapatkan rumah yang memiliki harga lebih rendah dari harga pasaran. Biasanya barang yang di lelang tidak akan mudah untuk dijual dalam waktu dekat, maka tak heran bila lembaga keuangan atau bank akan melakukan sesi lelang berikutnya hingga barang atau peoses jual beli rumah berhasil dilakukan. Nilai jual yang ditawarkan pun akan semakin murah ketika sesi mulai bertambah.

Dapatkan Daftar Rumah Hasil Sitaan

Dapatkan Daftar Rumah Hasil Sitaan

Bila kamu memiliki niat yang kuat untuk membeli rumah sitaan, sebaiknya kamu rajin – rajin untuk mengumpulkan daftar rumah hasil sitaan yang dijual dan sudah terdaftar di lelang. Informasi dan data seperti ini akan dengan mudah kamu temukan di bank atau di kantor pertahanan terdekat. Selain itu kamu juga bisa menemukan daftar ini di media masa atau di sistus resmi dari bank atau lembaga keuangan yang memiliki rumah sitaan tersebut atau di website DJKN dan balai lelang. Selain mendapatkan informasi seputar daftar rumah sitaan yang dijual atau dilelang kamu juga bisa mendapatkan jadwal lelang, besaran jaminan serta harga penawaran dari setiap rumah sitaan dari website resmi.

Siapkan Uang Jaminan Lelang

Pastikan kamu memiliki budget ekstra untuk membayar biaya jaminan lelang yang diberikan sebagai persyaratan untuk membeli rumah. Perlu kamu ingat bila lelang menggunakan transaksi tunai keras untuk pembayaran barang yang akan dilelang. Namun bila rumah tersebut merupakan hasil sitaan bank, maka kamu bisa membeli langsung kepada pihak bank, tidak harus di balai lelang. Bahkan beberapa bank pun akan memberikanmu kemudahan dengan menawarkan pembayaran secara diangsur atau dicicil dengan ketentuan dan kesepakatan tertentu pastinya.

Sebelum menyetujuinya, pelajari dan baca dengan teliti setiap kesepakatan yang akan kamu buat dengan pihak bank. Disamping itu kamu juga perlu empersiapkan biaya – biaya tambahan untuk melancarkan proses jual beli rumah tersebut seperti biaya PPh, Biaya BPHTB, biaya balik nama, hingga biaya notaris dan renovasi.

Survey Rumah

Hindari membeli rumah sitaan tanpa melihat wujud asli dari rumah sitaan tersebut. Sama halnya dengan membeli rumah pada umumnya, kamu juga harus melakukan pengecekan bangunan dan lingkungan saat membeli rumah sitaan. Hal ini perlu kamu lakukan guna meminimalisir masalah yang akan terjadi di masa mendatang. Pastikan juga rumah sitaan tersebut sudah kosong dan tidak memiliki penghuni, baik itu pemilik sebelumnya ataupun penghuni dari pihak lainnya.

Jika kamu pintar dan mengerti dengan sistem lelang dan sistem jual beli rumah sitaan yang dilelang oleh bank. Kamu tentu memiliki potensi yang cukup besar untuk mendapatkan nilai harga serendah mungkin untuk memiliki rumah yang kamu inginkan. Memang diperlukan ketelitian dan ekstra hati – hati dengan semua proses jual beli rumah yang akan kamu jalani. Mengingat segala konsekuensi yang akan kamu terima. Biasanya masalah sengketa hukum yang muncul diantaranya rumah sitaan yang masih berpenghuni atau belum dikosongkan oleh pemilik sebelumnya. Ketika hal ini terjadi kamu bisa mengatasinya dengan mengajukan surat permohonan pengosongan rumah ke pihak pengadilan. Bila kamu siap untuk menghadapi segala kemungkinan dan konsekuensinya, maka tak ada salahnya bila kamu memutuskan untuk memiliki rumah idaman dengan membeli rumah hasil sitaan yang memiliki nilai jual yang sangat rendah.

Semoga informasi diatas bisa membantu memberikan solusi yang baik dan bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu hati – hati pada setiap proses transaksi yang kamu lakukan. Lakukan pemeriksaan dokumen dengan teliti guna memastikan tidak ada kesepakatan yang merugikanmu di masa mendatang.

Advertisement
Advertisement by Google

4 Trik Aman Membeli Rumah Sitaan Dengan Harga Miring | admin | 4.5