4 Tips Membuat Kamar Mandi Minimalis Ukuran 1×2

Banyak sekali pertimbangan dalam membuat desain kamar mandi terutama ketika space yang dimiliki hanya berukuran 1×2. Anda perlu melakukan konsultasi dengan desain interior atau arsitektur untuk bisa mendapatkan kamar mandi minimalis yang nyaman. Berikut ini tips yang bisa Anda terapkan saat membuat kamar mandi.

  1. Bak Mandi atau Shower

Ukuran kamar mandi 1×2 bisa diatasi dengan penggunaan bak yang ukuran dan bentuknya tidak lebih dari 1 meter. Pastikan bak dapat diposisikan menempel pada bagian sisi dinding sehingga membuat ruangan kamar mandi menjadi efektif.

Anda akan lebih efektif lagi jika menggunakan shower dibandingkan bak yang akan membuat ruang gerak di kamar mandi lebih leluasa. Jadi space untuk membuat atau meletakkan bak bisa Anda gunakan untuk membuat wastafel mini. Hal ini tentu membuat kamar mandi Anda terlihat lebih menarik.

Di atas wastafel Anda bisa membuat rak kecil untuk meletakkan berbagai perlengkapan atau pun membuat gantungan handuk. Anda tinggal memilih wastafel dengan gaya yang modern dan cocok dengan desain kamar mandi.

  • Membagi Area dengan Petisi

Bukan tidak mungkin untuk Anda membuat kamar mandi berukuran 1×2 dengan membagi area basah dan kering. Anda bisa menggunakan petisi untuk membatasinya. Model yang bisa digunakan adalah petisi berbentuk lengkung dan lipat yang sudah pasti tidak memakan tempat. Bisa juga dengan menggunakan petisi dari kaca yang pemakaiannya digeser.

Pembagian area ini akan memudahkan Anda dalam perawatan kamar mandi minimalis. Anda bisa memberikan alas kaki pada bagian yang bebas area air. Anda bisa menggunakan wallpaper dinding yang menarik tanpa perlu mencari yang anti air. Bagian petisi bisa dibuat pada sisi sudut kamar mandi. Tips ini bisa diterapkan jika Anda memilih menggunakan shower.

  • Membuat Bathtub

Anda juga bisa menggunakan bathtub pada kamar mandi yang berukuran 1×2. Hal ini tidak mustahil untuk dilakukan karena ukurannya bisa dibuat berbentuk seperempat lingkaran yang terletak sisi sudut kamat mandi. Anda tidak memerlukan rak lagi karena dapat meletakkan berbagai perlengkapan mandi di sisi bathtub dengan teratur.

Penggunaan bathtub jenis vintage tentu akan lebih menguntungkan karena secara tidak langsung menciptakan area kering pada kamar mandi. Area tersebut bisa Anda gunakan untuk membuat toilet duduk yang hanya memerlukan space kecil.

Anda bisa lebih kreatif dengan membuat bagian kering tersebut dengan menggunakan batu alam yang menyerap air. Di sisi dinding lainnya bisa dimanfaatkan untuk membuat wastafel mini dan juga gantungan handuk di bagian atasnya.

Kamar Mandi Minimalis Modern

  • Pintu yang Fungsional

Pada kamar mandi berukuran 1×2 penting untuk memilih pintu yang fungsional. Anda dapat memilih pintu yang terbuat dari material kayu anti air sehingga bisa memanfaatkan bagian belakangnya untuk membuat gantungan baju.

Pintu ini dapat digunakan pada kamar mandi yang menggunakan shower. Jika menggunakan bak maka Anda dapat memilih pintu kamar mandi yang terbuat dari aluminium atau pun dari kaca yang dibuka dengan cara digeser. Kedua bahan ini sudah jelas tahan air sehingga tidak mudah rusak dan tidak memakan banyak space di kamar mandi.

Carilah perancang interior atau arsitektur desain kamar mandi yang berpengalaman agar bisa mendapatkan kamar mandi minimalis yang ideal. Anda dapat melakukan konsultasi dengan lebih leluasa dan lebih detail sekaligus mendiskusikan furnitur yang cocok untuk digunakan. Anda bisa mencari referensi desain dengan mudah di website tertentu untuk didiskusikan.