4 Alasan Mengapa Anda Perlu Membersihkan AC dengan Mesin Cuci AC Secara Teratur

Menjaga kebersihan perangkat AC di rumah maupun di kantor adalah sebuah kebutuhan maka perlu menyediakan mesin cuci AC. Mesin cuci satu ini digunakan khusus untuk membersihkan AC sehingga desainnya jauh berbeda dengan mesin pencuci pakaian di laundry maupun di rumah. Maka jangan sampai dianggap sama, supaya memiliki gambaran silahkan tengok penampakan fisik mesin cuci khusus AC ini di situs jual beli online karena penjualnya akan memasang foto produk tersebut.

Membersihkan AC memang sangat penting untuk dilakukan, minimal per tiga bulan sekali untuk memastikan AC tersebut berfungsi dengan baik. Kebanyakan orang untuk keperluan membersihkan AC mengundang jasa service AC supaya terima beres. Padahal bisa jadi jasa service tersebut malah mencari keuntungan pribadi dengan menyampaikan masalah tidak valid. Misal mengatakan freon AC sudah rusak sehingga perlu diganti, sehingga AC tersebut kemampuannya menurun dan suhu ruangan susah untuk dingin.

Padahal bisa jadi kemampuan AC mendinginkan ruangan tidak maksimal hanya karena saluran udaranya kotor, sehingga tidak perlu mengganti freon. Kalau diganti dijamin biaya yang dikeluarkan lebih banyak maka usahakan untuk membersihkannya sendiri saja. Sediakan mesin cuci khusus untuk AC maka Anda bisa membersihkan AC di rumah dengan leluasa dan tentunya bebas resiko ditipu tukang service tidak profesional. Mesin cuci satu ini bisa didapatkan di toko perkakas atau kalau mau praktis tinggal belanja online saja.

Membersihkan AC dengan Mesin Cuci AC

Alasan Mengapa AC Perlu Rajin Dibersihkan

Setelah membeli mesin cuci AC usahakan untuk digunakan secara berkala, supaya AC senantiasa dalam keadaan bersih. Membersihkan AC menjadi sangat penting karena ada beberapa alasan, diantaranya adalah:

  1. Memastikan udara yang dihasilkan bersih,

AC berfungsi menyaring udara di dalam ruangan supaya bersih, beberapa bahkan mampu menyaring kuman, bakteri, maupun virus di udara. Maka akan mudah sekali kotor dan apabila tidak pernah dibersihkan kuman yang tersaring malah tersebar ke dalam ruangan dan menyebarkan udara kotor.

  1. Agar kesehatan terjaga dengan baik,

Menghirup udara dari perangkat AC memang terasa nyaman sebab menawarkan kualitas udara sekelas udara di pegunungan. Sayangnya kelebihan atau manfaat ini akan menghilang apabila AC dibiarkan dalam keadaan kotor. Maka usahakan untuk disiplin dalam membersihkannya, tidak hanya bagian luar melainkan juga bagian di dalamnya. Tujuannya untuk memastikan udara yang dialirkan oleh AC senantiasa bersih dan aman bagi kesehatan siapa saja yang menghirupnya.

  1. Memastikan AC dalam kondisi baik-baik saja,

Rajin membersihkan AC akan membantu memastikan kalau perangkat tersebut dalam kondisi baik-baik saja. Bisa berfungsi dengan normal dan tidak perlu mengganti beberapa onderdil di dalamnya. Sebab meskipun AC ini dipasang diam di dinding dijamin ada beberapa komponen yang perlu diganti secara berkala. Minimal dengan membersihkannya Anda bisa tahu dengan pasti komponen mana yang perlu diganti, diperbaiki, dan sebagainya sehingga bisa berfungsi dengan baik.

  1. Mencegah kerusakan fatal dan keluar banyak biaya,

Ketika pemilik AC tidak membersihkan perangkat tersebut secara teratur maka dijamin AC menjadi kotor begitu pula udara yang dihasilkan. Kotoran pada AC bisa merusak komponen di dalamnya sehingga membuat umurnya menjadi terbatas. Alangkah baiknya dibersihkan secara berkala, toh tidak setiap hari karena bisa dilakukan per tiga bulan sekali. Nantinya bisa mencegah kerusakan lebih parah dan menelan biaya yang besar, kalau mau lebih hemat lagi sediakan saja mesin cuci AC sendiri.